Jumat, 20 November 2015

Psikologi Anak Luar Biasa



PSIKOLOGI  ALB

PERTUMBUHAN :Perubahan yang bersifat kuantitatif bertambahnya ukuran dan struktur.
PERKEMBANGAN :Perubahan kwalitatif perubahan yg progresif dan teratur.
PERUBAHAN YANG TERJADI PADA MANUSIA :
1. Perubahan ukuran fisik ,bertambah tinggi,berat,besar.
2. Perubahan proporsi dapat diamati dari perbandingan
    Ukuran tubuh manusia yang mengalami perubahan.
3. Hilangnya sifat atau keadaan tertentu – gigi susu.
4. Munculnya karakteristik seksual.

ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN ANAK :
1. Periode perkembangan anak .
    - periode pre natal.
    - periode Infasi 0-14 hari.
    - Masa bayi 2 minggu- 2tahun.
    - Masa anak 2 th – remaja.
    - Masa puber 11 – 16 tahun.
    - Perkembangan anak merupakan hasil proses pema-
      tangan .
2. Perkembangan fisik mempunyai pengaruh langsung terhadap anak.
3. Perkembangan kemampuan kognitif Pieget proses adaptasi yg diartikan sebagai keseimbangan antara kegiatan antara organisasi dan kegiatan lingkungan.
4. Perkembangan Emosi . Emosi menambah kesenangan terhadap pengalaman sehari-hari.

KARAKTERISTIK EMOSI ANAK
1. Masa anak semua kejadian belum terdiferensiasi dalam intensitas.
2. Respon emosional menunjukkan frekensi yang tinggi .
3. Respon ke respon sangat berbeda.
4. Pengaruh lingkungan bersifat individual.
5. Emosi berubah dalam kekuatannya dipengaruhi oleh perkembangan intelektual.
6. Emosi dapat diketahui melalui tingkah laku.

POLA-POLA EMOSI :
Takut, malu, kekhawatiran, kecemasan, marah, irihati, sedih, hasrat ingin tahu, kesukaan, kesanggupan, kegembiraan, kasih sayang.

PERKEMBANGAN SOSIAL : Dikuasahinya kemampuan untuk bertingkah laku sesuai dengan tuntutan masyarakat.

BENTUK TINGKAH LAKU SOSIAL :
1. Negativisme                                  5. kemurahan hati
2. Agresi                                           6. ketergantungan
3. Kerjasama                                     7. persahabatan
4. tingkah laku menguasahi          8. simpati 

KEPRIBADIAN : Kualitas tingkah laku individu secara keseluruhan


PERKEMBANGAN POLA KEPRIBADIAN DIPENGARUHI OLEH :          
1.Pembawaan sejak lahir.
2.Pengalaman pada masa dini dalam keluarga.
3.Pengalaman dlm masa kehidupan selanjutnya.

ANAK TUNA NETRA:
Individu yang indra penglihatannya tak berfungsi.
Kondisi anak A:
1. Ketajaman penglihatannya kurang dari ketajamanOrang awas.
2. Terjadi kekeruhan pada lensa mata.
3. Posisi mata sulit dikendalikan.
4. Terjadi kerusakan susunan syaraf otak yg berhubungan Dengan penglihatan.

Untuk mengetahui ketunanetraan digunakan dengan tes yaitu TEST SNELLEN CARD.
Anak dikatakan tuna netra bila ketajaman penglihatan kurang dari 6/21. artinya : Berdasarkan test anak hanya mampu membaca huruf pada jarak 6 m, yang oleh orang waras dapat dibaca pada jarak 21 m.
Buta : tidak mampu menerima rangsang cahaya dari luar.
Low vision mampu menerima rangsang yang dengan ketajaman lebih dari 6/21.

FAKTOR PENYEBAB TUNA NETRA :
Faktor internal :keturunan, psikis ibu, kekurangan gizi, keracunan obat.
Faktor eksternal : kecelakaan , terkena shipilis, alat bantu medis, kurang gizi, terkena racun, virus trachome, panas terlalu tinggi ,dll.

Menurut KIRLEY berdasarkan test inteligensi dengan menggunakan Hayes Binet Scale IQ anak tuna netra 45 – 160.
Perkembangan motorik anak A cenderung lambat dibanding anak awas.
Perkembangan emosinya Variabel organisme ;Perkembangan sosial : dikuasahinya seperangkat kemampuan untuk bertingkah laku.sesuai dengan tuntutan masyarakat.,banyak menghadapi masalah..
Perkembangan kepribadian anak A sering diperdebatkan
.
Masalah yang dihadapi anak A: banyak memiliki masalah baik yang berhubungan dengan pendidikan, sosial,emosi, kesehatan , pekerjaan ,dan perlu  antisipasi dengan memberikan layanan pendidikan.arahan bimbingan latihan, dan kesempatan yang luas sehingga  semua permasalahan dapat ditanggulangi sedini mungkin yang akhirnya dapat merugikan anak Tuna Netra. Anak tuna netra memiliki sikap tidak berdaya ketergantungan perasaan rendah diri , tidak merasakan kebahagiaan kepribadian penuh dengan frustasi, kaku , pada saat bersalaman cepat menarik tangan , mudah mengalami kebingungan.

Anak Tuna Rungu : anak yang mengalami kekurangan pendengaran , kehilangan kemampuan pendengaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021