Minggu, 22 November 2015

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



Perkembangan Peserta Didik

1. Pengertian Perkembangan , belajar, Peserta Didik adalah:
·          Perkembangan ialah serangkaian perubahan progresif yang terjadi akibat dari proses kematangan dan pengalaman.

    Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku  yang relatif dalam aspek kognitif afektif maupun psikomotorik , yang diperoleh melalui interaksi individu dengan lingkungannya.

·      Peserta didik ialah individu yang merupakan suatu totalitas keseluruhan psikofisik yang tidak dapat dipisahkan , mempunyai keunikan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.

2. Perbedaan pengertian perkembangan dan pertumbuhan adalah:
Perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.
Pertumbuhan adalah perubahan yang bersifat kuantitatif yaitu bertambahnya ukuran dan struktur sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik.

3. Penjelasan secara singkat sekurangnya lima prinsip perkembangan adalah :
a)   Perkembangan melibatkan perubahan yang berakar pada unsur biologis ,mencakup struktur dan fungsi bersifat unik bagi setiap individu terjadi secara bertahap berlangsung sepanjang hayat.
b)   Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya maksudnya bila perkembangan awal berhasil dengan baik akan menentukan perkembangan selanjutnya.
c)   Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar maksudnya Suatu proses perkembangan dalam diri manusia dikatakan telah matang ,jika ia telah mencapai kesanggupan untuk menjalankan fungsinya masing-masing.
d)   Perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan maksudnya suatu proses perubahan yang terdapat dalam diri manusia sebagai individu yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan bagian lainnya.
e)   Setiap periode perkembangan memiliki karakteristik khusus maksudnya setiap periode perkembangan pada periode anak ke dalam kelompok memasuki dunia permainan yang menuntut ketrampilan tertentu serta untuk memasuki dunia orang dewasa yang diperlukan untuk kehidupannya.
4. Guru SLB perlu mempelajari karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal , anak akhir , dan puber agar supaya sebagai guru harus dapat mengetahui perkembangan anak didiknyaserta mengetahui kemampuan dan kewajiban anak di sekolah ,dalam keluarga dan di masyarakat supaya dapat berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak setiap masa pada periode tertentu.

5. Yang dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan ( development task ) adalah tugas-tugas yang harus dipecahkan dan diselesaikan oleh setiap individu pada setiap periode perkembangannya agar supaya individu tersebut menjadi bahagia.
6. Penjelasan lima tugas perkembangan pada periode anak sekolah adalah :
·        Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan permainan yang umum maksudnya guru harus dapat membedakan ketrampilan fisik setiap nank didik untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada siswa.
·        Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh .Setiap anak  memiliki sikap yang berbeda ,maka guru harus dapat mendorongnya . Kemauan yang sehat untuk pertumbuhan siswa supaya berhasil dengan baik.
·        Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya maksudnya setiap siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masyarakat disekitarnya.
·        Mulai mengembangkan peran sosial ,pria atau wanita dengan tepat maksudnya guru dapat mengetahui bila anak sudah mulai dewasa yang sangat membutuhkan kasih sayang sehingga anak tidak salah gaul dengan orang yang orang yang akan menjerumuskan .
·        Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca , menulis dan berhitung maksudnya setiap guru harus dapat mengembangkan ketrampilan dasar yang dimiliki anak, sampai dimana anak mampu membaca , menulis ,dan berhitung untuk membantu dalam kehidupan di masyarakat.
7. Pengaruh langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja  adalah  :
Untuk anak perempuan:
Ø Pertumbuhan fisik terjadi ketidak seimbangan . Hal ini akan         mempengaruhi perkembangan seperti berfikir, bahasa ,emosi  dan sosial anak.
Ø Gejala masturbasi timbul karena rangsangan kematangan seksual.
Untuk anak laki-laki :
Ø Setiap kali mimpi basah.
Ø Muncul tanda-tanda kelamin sekunder.

Pengaruh tidak langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja adalah .
Ø Kurang percaya diri.
Ø Dijauhi dari teman-temannya bila salah dalam pergaulannya .
Ø Mempunyai keinginan untuk bergaul dengan lawan jenisnya.
Tugas 2.
Petunjuk    : Amatilah kegiatan kelompok didik kelas anda . Berdasarkan hasil pengamatan tersebut Jawablah pertanyaan berikut.
1.   Kegiatan atau permainan apa yang sering mereka lakukan ?
2.   Bagaimana interaksi sosial diantara peserta didik tersebut ?
3.   Adakah anak yang mengalami kesulitan sosialisasi dalam kelompok tersebut ?
4.   Apa yang anda lakukan untuk membentu anak tersebut ?

Jawab :
1.   Kegiatan menebalkan kata-kata sederhana.

2.   Interaksi sosial diantara peserta didik tersebut adalah semua anak ingin dilayani lebih dahulu ( berebut ) ingin mendapatkan yang pertama.
3.   Ada anak yang mengalami kesulitan sosialisasi.

4.   Yang dapat saya lakukan untuk membantu anak tersebut adalah anak diberi pengertian ,diberi hadiah bahwa anak sudah mandiri , tidak perlu berebut seperti teman-teman yang lain ,sebab mereka belum dapat bekerja sendiri masih minta bantuan guru.

1.   Pengertian tehnik observasi adalah Metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolabulatornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama pengamatan.
2.   Jenis-jenis tehnik observasi adalah :
1)   Observasi Partisipatif, yaitu observasi yang dilakukan oleh observer ( pengamat ) dengan turut mengambil bagian dalam kegiatan yang dilakukan oleh obyek yang diobservasi ( observee ).
2)   Observasi Sistematis, yaitu observasi yang direncanakan terlebih dahulu aspek-aspek yang akan diobservasi sesuai dengan tujuan ,waktu , dan alat yang dipakai.
3)   Observasi Eksperimental , yaitu observasi yang dilakukan untuk mengetahui peubahan-perubahan atau gejala-gejala sebagai akibat dari situasi yang sengaja diadakan.

3.   Pengertian tehnik angket adalah Metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.
4.   Bagian-bagian pokok angket adalah
1)   Pertanyaan adalah serangkaian pertanyaan yang akan diajukan kepada responden.
2)   Responden adalah orang atau sekolompok orang yang akan diamati.
3)   Observer adalah orang atau instansi pembuat angket.
5.   Pengertian tehnik angket adalah Metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.


6.   Macam-macam tehnik wawancara
1)   Wawancara perorangan (individu). Dan
2)   Wawancara kelompok

Menurut peran yang dimainkan :
·        The non-directive interview, yaitu wawancara yang digunakan dalam proses konseling.
·        The focused interview , yaitu wawancara yang ditujukan kepada orang-orang tertentu yang mempunyai hubungan dengan objek-objek yang diselidiki.
·        The repeated interview, yaitu wawancara yang berulang.

7.   Kegunaan sosiometri adalah untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok dan juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang  dalam kelompoknya serta untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok , baik dalam kegiatan belajar , bermain, bekerja, dan kegiatan-kegiatan kelompok lainnya .

8.   Angket sosiometri adalah serangkaian pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok ,untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya atau untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021