Perkembangan
Peserta Didik
1. Pengertian
Perkembangan , belajar, Peserta Didik adalah:
·
Perkembangan ialah
serangkaian perubahan progresif yang terjadi akibat dari proses kematangan dan
pengalaman.
Belajar adalah
suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku yang relatif dalam aspek kognitif afektif
maupun psikomotorik , yang diperoleh melalui interaksi individu dengan
lingkungannya.
· Peserta didik ialah
individu yang merupakan suatu totalitas keseluruhan psikofisik yang tidak dapat
dipisahkan , mempunyai keunikan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.
2.
Perbedaan pengertian perkembangan dan pertumbuhan adalah:
Perkembangan
adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses
kematangan dan pengalaman.
Pertumbuhan
adalah perubahan yang bersifat kuantitatif yaitu bertambahnya ukuran dan
struktur sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik.
3.
Penjelasan secara singkat sekurangnya lima prinsip perkembangan adalah :
a) Perkembangan melibatkan perubahan yang berakar pada unsur
biologis ,mencakup struktur dan fungsi bersifat unik bagi setiap individu
terjadi secara bertahap berlangsung sepanjang hayat.
b) Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan
selanjutnya maksudnya bila perkembangan awal berhasil dengan baik akan menentukan
perkembangan selanjutnya.
c) Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan
belajar maksudnya Suatu proses perkembangan dalam diri manusia dikatakan telah
matang ,jika ia telah mencapai kesanggupan untuk menjalankan fungsinya
masing-masing.
d) Perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat
diramalkan maksudnya suatu proses perubahan yang terdapat dalam diri manusia
sebagai individu yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan bagian lainnya.
e) Setiap periode perkembangan memiliki karakteristik khusus
maksudnya setiap periode perkembangan pada periode anak ke dalam kelompok
memasuki dunia permainan yang menuntut ketrampilan tertentu serta untuk
memasuki dunia orang dewasa yang diperlukan untuk kehidupannya.
4. Guru
SLB perlu mempelajari karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal ,
anak akhir , dan puber agar supaya sebagai guru harus dapat mengetahui
perkembangan anak didiknyaserta mengetahui kemampuan dan kewajiban anak di
sekolah ,dalam keluarga dan di masyarakat supaya dapat berkembang sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki anak setiap masa pada periode tertentu.
5. Yang
dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan ( development task ) adalah
tugas-tugas yang harus dipecahkan dan diselesaikan oleh setiap individu pada
setiap periode perkembangannya agar supaya individu tersebut menjadi bahagia.
6.
Penjelasan lima tugas perkembangan pada periode anak sekolah adalah :
·
Mempelajari ketrampilan
fisik yang diperlukan untuk permainan permainan yang umum maksudnya guru harus
dapat membedakan ketrampilan fisik setiap nank didik untuk mengembangkan
kemampuan yang ada pada siswa.
·
Membangun sikap yang
sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh .Setiap
anak memiliki sikap yang berbeda ,maka
guru harus dapat mendorongnya . Kemauan yang sehat untuk pertumbuhan siswa
supaya berhasil dengan baik.
·
Belajar menyesuaikan
diri dengan teman-teman seusianya maksudnya setiap siswa dapat menyesuaikan
diri dengan lingkungan dan masyarakat disekitarnya.
·
Mulai mengembangkan
peran sosial ,pria atau wanita dengan tepat maksudnya guru dapat mengetahui
bila anak sudah mulai dewasa yang sangat membutuhkan kasih sayang sehingga anak
tidak salah gaul dengan orang yang orang yang akan menjerumuskan .
·
Mengembangkan
ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca , menulis dan berhitung maksudnya
setiap guru harus dapat mengembangkan ketrampilan dasar yang dimiliki anak,
sampai dimana anak mampu membaca , menulis ,dan berhitung untuk membantu dalam
kehidupan di masyarakat.
7.
Pengaruh langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta
didik usia remaja adalah :
Untuk
anak perempuan:
Ø Pertumbuhan fisik terjadi ketidak seimbangan . Hal ini
akan mempengaruhi perkembangan
seperti berfikir, bahasa ,emosi dan
sosial anak.
Ø Gejala masturbasi timbul karena rangsangan kematangan
seksual.
Untuk
anak laki-laki :
Ø Setiap kali mimpi basah.
Ø Muncul tanda-tanda kelamin sekunder.
Pengaruh
tidak langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik
usia remaja adalah .
Ø Kurang percaya diri.
Ø Dijauhi dari teman-temannya bila salah dalam pergaulannya
.
Ø Mempunyai keinginan untuk bergaul dengan lawan jenisnya.
Tugas 2.
Petunjuk : Amatilah kegiatan kelompok didik kelas
anda . Berdasarkan hasil pengamatan tersebut Jawablah pertanyaan berikut.
1. Kegiatan atau permainan apa yang sering mereka lakukan ?
2. Bagaimana interaksi sosial diantara peserta didik
tersebut ?
3. Adakah anak yang mengalami kesulitan sosialisasi dalam
kelompok tersebut ?
4. Apa yang anda lakukan untuk membentu anak tersebut ?
Jawab :
1. Kegiatan menebalkan kata-kata sederhana.
2. Interaksi sosial diantara peserta didik tersebut adalah
semua anak ingin dilayani lebih dahulu ( berebut ) ingin mendapatkan yang
pertama.
3. Ada anak yang mengalami kesulitan sosialisasi.
4. Yang dapat saya lakukan untuk membantu anak tersebut
adalah anak diberi pengertian ,diberi hadiah bahwa anak sudah mandiri , tidak
perlu berebut seperti teman-teman yang lain ,sebab mereka belum dapat bekerja
sendiri masih minta bantuan guru.
1.
Pengertian tehnik observasi adalah Metode pengumpulan data dimana peneliti atau
kolabulatornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama
pengamatan.
2.
Jenis-jenis tehnik observasi adalah :
1) Observasi Partisipatif, yaitu observasi yang dilakukan
oleh observer ( pengamat ) dengan turut mengambil bagian dalam kegiatan yang
dilakukan oleh obyek yang diobservasi ( observee ).
2) Observasi Sistematis, yaitu observasi yang direncanakan
terlebih dahulu aspek-aspek yang akan diobservasi sesuai dengan tujuan ,waktu ,
dan alat yang dipakai.
3) Observasi Eksperimental , yaitu observasi yang dilakukan
untuk mengetahui peubahan-perubahan atau gejala-gejala sebagai akibat dari
situasi yang sengaja diadakan.
3.
Pengertian tehnik angket adalah Metode
pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada
responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.
4.
Bagian-bagian pokok angket adalah
1) Pertanyaan adalah serangkaian pertanyaan yang akan
diajukan kepada responden.
2) Responden adalah orang atau sekolompok orang yang akan
diamati.
3) Observer adalah orang atau instansi pembuat angket.
5.
Pengertian tehnik angket adalah Metode
pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada
responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.
6.
Macam-macam tehnik wawancara
1) Wawancara perorangan (individu). Dan
2) Wawancara kelompok
Menurut peran yang dimainkan :
·
The non-directive
interview, yaitu wawancara yang digunakan dalam proses konseling.
·
The focused interview ,
yaitu wawancara yang ditujukan kepada orang-orang tertentu yang mempunyai
hubungan dengan objek-objek yang diselidiki.
·
The repeated interview,
yaitu wawancara yang berulang.
7.
Kegunaan sosiometri adalah untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok dan
juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya serta untuk meneliti
kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok , baik
dalam kegiatan belajar , bermain, bekerja, dan kegiatan-kegiatan kelompok
lainnya .
8.
Angket sosiometri adalah serangkaian pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada
responden untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok ,untuk mengetahui
popularitas seseorang dalam kelompoknya atau untuk meneliti kesulitan hubungan
seseorang terhadap teman-temannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar