BELAJAR PEMBELAJARAN
Belajar : Suatu kegiatan
yang dilakukan secara sadar melalui pengalaman dan latihan yang dapat
menghasilkan perubahan tingkah laku.
CIRI-CIRI BELAJAR
:
- Suatu aktivitas yg menghasilkan peubahan.
- didapatkan kemampuan yang baru.
- perubahan itu karena adanya usaha.
PROSES KEMATANGAN
MEMILIKI 3 HAL:
1.Perkembangan tidak hanya terpengaruh lingk, tetapi
pengaruh dari dalam diri anak.
2.Proses perkembangan melalui fase-fase tertentu.
3. Sebagian perkembangan psikis anak dipandang sebagai kerjasama kematangan batiniah dan
jasmaniah.
PRINSIP-PRINSIP
BELAJAR DAN IMPLIKASINYA :
- perhatian dan motivasi belajar.
- keaktifan belajar.
- ketertiban langsung siswa.
- pengulangan belajar.
- Materi yang merangsang.
- Pemberian balikan dan penguatan bagi siswa.
- Perbedaan individu yg belajar.
DASAR-DASAR
PENGEMBANGAN KURIKULUM:
KURIKULUM : Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan , isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan tertentu.
LANDASAN
PENGEMBANGAN KURIKULUM :
- Landasan Filosofis. Merupakan pewarisan nilai-nilai luhur bangsa melalui pendidikan.
- Landasan Sosial Budaya. Manusia adalah makhluk yg paling tinggi derajatnya dibekali pikir untuk hidup bermasyarakat dan berbudaya mengembangkan tehnologi.
- Landasan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
- Landasan kebutuhan masyarakat.
KOMPONEN PRINSIP
PENGEMBANGAN KURIKULUM:
- Komponen kurikulum.
- Komponen tujuan.
- Komponen isi.
- Komponen metode.
- Komponen evaluasi.
EVALUASI KURIKULUM
:
- Evaluasi terhadap hasil. Sejauh mana kurikulum dapat mengantarkan siswa kearah tercapainya tujuan.
- Evaluasi terhadap proses kurikulum. Sejauhmana proses itu berjalan secara optimal sehingga dapat memungkinkan tercapainya tujuan.
PRINSIP-PRINSIP
KURIKULUM :
- Prinsip relevansi.
- Prinsip Kontinuitas.
- Prinsip Fleksibilitas.
MOTIVASI.
MOTIVE diartikan
sebagai dorongan dalam diri seseorang.
TEORI tentang
Motivasi.
- Teori
Kognitif,cara berfikir induktif, deduktif.
- Teori Hedonisme :
menyenangkan anak.
- Teori Insting :
Setiap orang membawa kekuatan biologis sejak lahir.
- Teori
Psikoanalitis: insting dan psikis ( anak jengkel menggaruk kepala ).
- Teori keseimbangan
: manusia selalu ingin mempertahankan keseimbangan dalam diri.
- Teori Moslow :
tentang kebutuhan manusia , kebutuhan biologis, rasa aman, cinta kasih,
penghargaan , keindahan,dan kebutuhan kebebasan.
PERANAN MOTIVASI
:
1. Pendorong
perbuatan.
2. Pendorong ingatan
3. Pendorong
perhatian.
4. Untuk
mempertahankan hidup
5. Untuk kebutuhan
seks.
6. Untuk mengatasi
rintangan.
CARA UNTUK
MENUMBUHKAN MOTIVASI :
- memberi angka yang baik.
- Memberi hadiah.
- Saingan (kompetisi).
- Tanggungjawab.
- Pujian.
MOTIVASI DALAM
BELAJAR :
- Cita-cita kemampuan siswa ,kondisi fisik, lingkungan , guru.
- Menerapkan prinsip belajar ,mengoptimalkan unsur dinamis belajar.
KONSEP CBSA.
- Pengakuan siswa sebagai subyek.
- Siswa diberi keleluasaan untuk mengembangkan daya kreatifitas.
- Anak didik aktif secara fisik mental, intelektual dan emosional.
KADAR CBSA DAPAT
DILIHAT DARI :
- Aktifitas belajar siswa.
- Aktifitas guru mengajar.
- Program belajar.
- Suasana belajar.
- sarana belajar.
PENERAPAN
KETRAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN:
- Keberhasilan dalam PBM.
- Diciptakan suasana yang menumbuhkan siswa aktif.
- Ditumbuhkan PBM yang efektif meliputi :
–Tujuan
pengajaran
– Pengaturan
waktu.
- Pengaturan
ruangan.
- Pengelompokan
siswa dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar