Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.
Dalam ilmu kesehatan anak istilah pertumbuhan dan
perkembangan menyangkut semua aspek kemajuan yang dicapai oleh jazad manusia
dari dari konsepsi sampai dewasa. Pertumbuhan berarti bertambah besar dalam
aspek fisik. Pertumbuhan dapat diukur dalam sentimeter dan dalam kilogram.
Perkembangan
digunakan untuk menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan kepribadiannya.
Jaringan otak tumbuh pada percepatan tumbuh janain dan tidak tumbuh sebelum
percepatan tumbuh pada masa adolesensi. Pada masa lahir besar otak kita
kira-kira 5 % dari berat dewasa. Kira-kira 50 % dari pertumbuhan otak terjadi
pada tahun pertama kehidupan, 20 % terjadi pada tahun kedua.
Kerusakan
otak pada bayi mempunyai arti yang penting. Demikian lingkaran kepala pada masa
ini merupakan kemajuannya. Masa pertumbuhan sebelum dewasa :
·
Pranatal ( 0 – 280 hari ).
a.
Masa embrio . ( terbentuk sistem dan alat dalam tubuh ).
b.
Masa fetus dini . (
Pembentukan jasad manusia ).
c.
Masa fetus akhir (
Bertambahnya masa tubuh dengan cepat )
Masa neonatal (0-4 minggu sesudah lahir ) . Umur 1bulan –
1tahun
pertumbuhan dan perkembangan yang cepat, fungsi alat
tubuh bertambah, terutama sistem saraf. Umur 1tahun – 2tahun pertumbuhan
menurun, kemajuan dalam berjalan serta pengaturan fungsi ekskresi.
Masa
prasekolah ( umur 2 – 6 tahun ). Aktifitas jasmani bertambah, koordinasi fungsi
dan mekanisme motorik bertambah.
Masa sekolah
( wanita 6 -10 tahun, pria 6 – 12 tahun ). Pertumbuhan tetap, keterampilan dan
proses intelektual berkembang.
Masa
adolesen ( wanita 10 -18 tahun, pria 12 – 20 tahun ).
2. Faktor
Pascanatal.
a.
Gizi : Bahan pembangun tubuh
: protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.
b.
Penyakit : Penyakit kronis
seperti paru-paru, sesak nafas mempengaruhi pertumbuhan jasmani.
c.
Keadaan sosial – ekonomi. Hal
ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak.
d.
Musim. Dinegeri yang
mempunyai empat musim terdapat perbedaan kecepatan tumbuh berat badan dan
tinggi terbesar pada musim semi dan paling rendah pada musim gugur.
e.
Banyak faktor lain yang ikut
berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, antara lain :
pengawasan medis, perbaikan gizi, pendidikan, psikologis, dan lain-lain.
Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
anak.
1.
Faktor heredokonstitusionil.
2.
Faktor Lingkungan.
1. Faktor heredokonstitusionil yaitu gen yang terdapat di
dalam nukleus dari telur yang dibuahi pada masa embrio . Beberapa anak bertubuh
kecil karena konstitusi genetiknya, bukan karena gangguan endokrin atau gizi.
Hereditas mempunyai peranan yang besar, tapi pengaruh lingkungan terhadap
organisme tersebut tidak dapat diabaikan.
Para ahli
psikologi ber[pendapat bahwa hereditas lebih banyak mempengaruhi inteligensi
dibandingkan dengan lingkungan. Sifat-sifat emosional seperti , kemauan lebih
banyak dipengaruhi lingkungan. Wanita dewasa lebih dini mulai umur 10 tahun,
pria mulai umur 12 tahun.
2. Faktor Lingkungan
Kurang makan selama kehamilan dapat meningkatkan angka
kelahiran mati dan kematian neonatal. Obat-obatan yang tidak sesuai dapat
menimbulkan kelainan seperti hydrocepallus. Bayi yang lahir dari ibu yang
menderita diabetes sering menunjukkan kelainan. Umur ibu usia lanjut yang
melahirkan mengakibatkan kelainan. Pemakaian sinar rontgen yang tidak mengikuti
aturan da[pat mengakibatkan seperti ,retardasi mental. Ibu yang hamil
mudaterkena bakterui dapat mengakibatkan kelainan seperti katarak, bisu
tuli,retardasi mental.
Telaah Kritis Isi Artikel.
Pertumbuhan
berarti bertambah besar,dalam aspek fisik dapat diukur dengan centimeter.dan
dalam kg.
Perkembangan menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan
kepribadiannya. Kerusakan otak pada bayi mempunyai arti penting.
Masa pertumbuhan sebelum dewasa :
1.
Pranatal ( 0-280 hari )
2.
Pascanatal
Faktor yyang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
anak :
1.
faktor heredokonstitusionil
2.
Faktor lingkungan
Kekurangan makan selama kehamilan dapat meningkatkan
angka kelahiran neonatal. Obat-obatan yang tidak sesuai dapat menimbulkan
kelainan.
Rontgen yang tidak mengikuti aturan dapat mengakibatkan
kelainan seperti
Seperti retardasi mental. Ibu yang hamil muda terkena
bakteri dapat mengakibatkan bisu tuli.
Pesan penulis :
1.
marilah kita mengkonsunsi
makanan yang bergizi menurut aturan supaya terhindar dari segala macam
penyakit.
2.
Bila badan sakit
segeralah berobat yang benar.
Soal-soal.
1. Jelaskan pengertian perkembangan , belajar, peserta didik
!
2. Bedakan pengertian perkembangan dan pertumbuhan !
3. Tuliskan dan jelaskan secara singkat sekurangnya lima
prinsip perkembangan !
4. Sebagai guru SLB mengapa anda perlu mempelajari
karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal , anak akhir dan puber ?
5. Apa yang dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan (
development task ) ?
6. Jelaskan secara singkat sekurangnya lima tugas
perkembangan pada periode anak sekolah !
7. Bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung
perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja ?
Jawaban
:
1. Perkembangan ialah serangkaian perubahan progresif yang terjadi
akibat dari proses kematangan dan pengalaman.
Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk
memperoleh perubahan perilaku yang
relatif dalam aspek kognitif afektif maupun psikomotorik , yang diperoleh
melalui interaksi individu dengan lingkungannya.
Peserta didik ialah individu yang merupakan suatu totalitas
keseluruhan psikofisik yang tidak dapat dipisahkan , mempunyai keunikan
masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.
2.
Perbedaan perkembangan dan pertumbuhan adalah
Perkembangan:
- Perubahan secara kwalitas ( mutu ).
- Dapat dilihat secara psikologis.
Pertumbuhan :
- Perubahan secara kwantitas ( jumlah )
- Dapat dilihat
secara fisik ( lahiriah )
3.
Lima Prinsip Perkembangan :
- Perkembangan
melibatkan perubahan.
Bahwa dalam perkembangan selalu mengalami perubahan dari
banyak segi.belum bisa bicara menjadi bisa bicara, sebelumnya belum berjalan
menjadi dapat berjalan.
- Perkembangan awal
lebih kritis daripada perkembangan berikutnya.
Bahwa perkembangan awal sangat penting yang mana akan
menentukan perkembangan anak berikutnya. Jika perkembangan awal baik maka
perkembangan selanjutnya akan semakin baik.
- Perkembangan
merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Bahwa proses kematangan dan belajar akan berpengaruh dalam
perkembangan selanjutnya, karena kematangan akan menunjukkan kwalitas lebih
baik.
- Perkembangan
mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan.
Bahwa perkembangan itu mengikuti pola tertentu secara
umum dapat diramalkan kapan bisa tengkurap , kapan bisa merangkak, kapan bisa
berjalan. Dan seterusnya.
- Terdapat perbedaan
individu dalam perkembangan potensi dirinya.
Bahwa dalam perkembangan antara individu satu dengan
lainnya berbeda sehingga menentukan jatidiri maing-masing. Dan perbedaan itu
akan menentukan perkembangan berikutnya.
4.
Sebagai guru SLB mengapa anda perlu mempelajari
karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal , anak akhir dan puber ?
Bahwa seorang guru sangat penting sekali mengetahui
masa-masa perkembangan anak pada periode awal karena dapat membantu dengan
sebaik mungkin.
Seorang guru perlu
mempelajari perkembangan anak akhir akan
mampu mengarahkan anak didik untuk
mencapai secara maksimal perkembangan berikutnya.
Seorang guru sangat
penting mempelajari perkembangan anak pada periode puber karena masa ini
merupakan masa rentan dalam emosional yang akan menjadi landasan masa
perkembangan anak saat mengalami banyak problema yang dihadapi.
5.
Apa yang dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan
( development task ) ?
Adalah tugas-tugas yang harus dipecahkan dan diselesaikan
oleh setiap individu pada setiap periode perkembangannya agar supaya individu
tersebut menjadi bahagia.
6.
Jelaskan secara singkat sekurangnya lima tugas
perkembangan pada periode anak sekolah !
- Mempelajari ketrampilan
fisik yang diperlukan untuk permainan
permainan yang umum.
Pada masa ini anak mengalami perkembangan mempelajari
ketrampilan fisik untuk bermain dengan lingkungan.
- Membangun sikap
yang sehat mengenai diri sendiri sebagai
makhluk yang sedang tumbuh.
Masa ini anak belajar untuk mengenal diri sendiri dengan
membangun kepercayaan diri .
- Belajar
menyesuaikan diri dengan teman teman seusianya.
Tugas perkembangan ini anak belajar untuk dapat
menyesuaikan diri dengan lingkungan teman bermain seusianya
- Mulai mengembangkan
peran sosial pria atau wanita dengan tepat .
Tugas perkembangan ini anak akan bersosialisasi dengan
teman tentu saja untuk anak pria berbeda dengan anak wanita di dalam peran
sosial.
- Mengembangkan
ketrampilan keterampilan dasar untuk membaca , menulis , dan berhitung.
Tugas perkembangan ini anak belajar mengembangkan
ketrampilan diri dalam membaca ,menulis , dan berhitung untuk dengan teman.
7.
Bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung
perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja ?
Pengaruh
perkembangan fisik pada peserta didik usia remaja antara lain :
–
Untuk remaja putri
misalnya dengan adanya perubahan secara fisik pada dada yang agak besar ,
pinggul yang agak besar kemudian mengalami menstruasi tentu saja akan mengalami
sedikit gangguan di dalam kesehariannya.
–
Untuk anak laki-laki dengan ditandai mimpi
basah ( mimpi indah ), suara yang
mengalami perubahan , perubahan jakun yang membesar dan tumbuhnya kumis maka
berpengaruh dalam kesehariannya.
–
Pengaruh secara motorik
pada masa remaja adalah setiap individu berbeda-beda kemungkinan terbesar
adalah gerakan kurang percaya diri.
–
Bagi anak yang berbadan
gemuk mungkin sekali ada perasaan kurang percaya diri Atau sebaliknya yang terlalu kurus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar