Sabtu, 21 November 2015

PERTUMBUHAN



Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.
Dalam ilmu kesehatan anak istilah pertumbuhan dan perkembangan menyangkut semua aspek kemajuan yang dicapai oleh jazad manusia dari dari konsepsi sampai dewasa. Pertumbuhan berarti bertambah besar dalam aspek fisik. Pertumbuhan dapat diukur dalam sentimeter dan dalam kilogram.
        Perkembangan digunakan untuk menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan kepribadiannya. Jaringan otak tumbuh pada percepatan tumbuh janain dan tidak tumbuh sebelum percepatan tumbuh pada masa adolesensi. Pada masa lahir besar otak kita kira-kira 5 % dari berat dewasa. Kira-kira 50 % dari pertumbuhan otak terjadi pada tahun pertama kehidupan, 20 % terjadi pada tahun kedua.
        Kerusakan otak pada bayi mempunyai arti yang penting. Demikian lingkaran kepala pada masa ini merupakan kemajuannya. Masa pertumbuhan sebelum dewasa :
·        Pranatal ( 0 – 280 hari ).
a.   Masa embrio .  ( terbentuk sistem dan alat dalam tubuh ).
b.   Masa fetus dini . ( Pembentukan jasad manusia ).
c.   Masa fetus akhir ( Bertambahnya masa tubuh dengan cepat )
Masa neonatal (0-4 minggu sesudah lahir ) . Umur 1bulan – 1tahun
pertumbuhan dan perkembangan yang cepat, fungsi alat tubuh bertambah, terutama sistem saraf. Umur 1tahun – 2tahun pertumbuhan menurun, kemajuan dalam berjalan serta pengaturan fungsi ekskresi.
        Masa prasekolah ( umur 2 – 6 tahun ). Aktifitas jasmani bertambah, koordinasi fungsi dan mekanisme motorik bertambah.
        Masa sekolah ( wanita 6 -10 tahun, pria 6 – 12 tahun ). Pertumbuhan tetap, keterampilan dan proses intelektual berkembang.
        Masa adolesen ( wanita 10 -18 tahun, pria 12 – 20 tahun ).
      2. Faktor Pascanatal.
a.   Gizi : Bahan pembangun tubuh : protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.
b.   Penyakit : Penyakit kronis seperti paru-paru, sesak nafas mempengaruhi pertumbuhan jasmani.
c.   Keadaan sosial – ekonomi. Hal ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak.
d.   Musim. Dinegeri yang mempunyai empat musim terdapat perbedaan kecepatan tumbuh berat badan dan tinggi terbesar pada musim semi dan paling rendah pada musim gugur.
e.   Banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, antara lain : pengawasan medis, perbaikan gizi, pendidikan, psikologis, dan lain-lain.

Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan anak.
1.    Faktor heredokonstitusionil.
2.   Faktor Lingkungan.
1. Faktor heredokonstitusionil yaitu gen yang terdapat di dalam nukleus dari telur yang dibuahi pada masa embrio . Beberapa anak bertubuh kecil karena konstitusi genetiknya, bukan karena gangguan endokrin atau gizi. Hereditas mempunyai peranan yang besar, tapi pengaruh lingkungan terhadap organisme tersebut tidak dapat diabaikan.
        Para ahli psikologi ber[pendapat bahwa hereditas lebih banyak mempengaruhi inteligensi dibandingkan dengan lingkungan. Sifat-sifat emosional seperti , kemauan lebih banyak dipengaruhi lingkungan. Wanita dewasa lebih dini mulai umur 10 tahun, pria mulai umur 12 tahun.
2. Faktor Lingkungan
Kurang makan selama kehamilan dapat meningkatkan angka kelahiran mati dan kematian neonatal. Obat-obatan yang tidak sesuai dapat menimbulkan kelainan seperti hydrocepallus. Bayi yang lahir dari ibu yang menderita diabetes sering menunjukkan kelainan. Umur ibu usia lanjut yang melahirkan mengakibatkan kelainan. Pemakaian sinar rontgen yang tidak mengikuti aturan da[pat mengakibatkan seperti ,retardasi mental. Ibu yang hamil mudaterkena bakterui dapat mengakibatkan kelainan seperti katarak, bisu tuli,retardasi mental.
Telaah Kritis Isi Artikel.
        Pertumbuhan berarti bertambah besar,dalam aspek fisik dapat diukur dengan centimeter.dan dalam kg.
Perkembangan menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan kepribadiannya. Kerusakan otak pada bayi mempunyai arti penting.
Masa pertumbuhan sebelum dewasa :
1.    Pranatal ( 0-280 hari )
2.   Pascanatal
Faktor yyang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak :
1.    faktor heredokonstitusionil
2.   Faktor lingkungan
Kekurangan makan selama kehamilan dapat meningkatkan angka kelahiran neonatal. Obat-obatan yang tidak sesuai dapat menimbulkan kelainan.
Rontgen yang tidak mengikuti aturan dapat mengakibatkan kelainan seperti
Seperti retardasi mental. Ibu yang hamil muda terkena bakteri dapat mengakibatkan bisu tuli.
Pesan penulis :
1.    marilah kita mengkonsunsi makanan yang bergizi menurut aturan supaya terhindar dari segala macam penyakit.
2.   Bila badan sakit segeralah  berobat yang benar.



Soal-soal.
1.   Jelaskan pengertian perkembangan , belajar, peserta didik !
2.   Bedakan pengertian perkembangan dan pertumbuhan !
3.   Tuliskan dan jelaskan secara singkat sekurangnya lima prinsip perkembangan !
4.   Sebagai guru SLB mengapa anda perlu mempelajari karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal , anak akhir dan puber ?
5.   Apa yang dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan ( development task )  ?
6.   Jelaskan secara singkat sekurangnya lima tugas perkembangan pada periode anak sekolah !
7.   Bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja ?

Jawaban :
1.   Perkembangan ialah serangkaian perubahan progresif yang terjadi akibat dari proses kematangan dan pengalaman.

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku  yang relatif dalam aspek kognitif afektif maupun psikomotorik , yang diperoleh melalui interaksi individu dengan lingkungannya.

Peserta didik ialah individu yang merupakan suatu totalitas keseluruhan psikofisik yang tidak dapat dipisahkan , mempunyai keunikan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya.


2.   Perbedaan perkembangan dan pertumbuhan adalah
Perkembangan:
-      Perubahan secara kwalitas ( mutu ).
-      Dapat dilihat secara psikologis.

Pertumbuhan :
-      Perubahan secara kwantitas ( jumlah )
-       Dapat dilihat secara fisik ( lahiriah )


3.   Lima Prinsip Perkembangan :
-      Perkembangan melibatkan perubahan.
Bahwa dalam perkembangan selalu mengalami perubahan dari banyak segi.belum bisa bicara menjadi bisa bicara, sebelumnya belum berjalan menjadi dapat berjalan.

-      Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan berikutnya.
Bahwa perkembangan awal sangat penting yang mana akan menentukan perkembangan anak berikutnya. Jika perkembangan awal baik maka perkembangan selanjutnya akan semakin baik.

-      Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Bahwa proses kematangan dan belajar akan berpengaruh dalam perkembangan selanjutnya, karena kematangan akan menunjukkan kwalitas lebih baik.

-      Perkembangan mengikuti pola tertentu yang dapat diramalkan.
Bahwa perkembangan itu mengikuti pola tertentu secara umum dapat diramalkan kapan bisa tengkurap , kapan bisa merangkak, kapan bisa berjalan. Dan seterusnya.

-      Terdapat perbedaan individu dalam perkembangan potensi dirinya.
Bahwa dalam perkembangan antara individu satu dengan lainnya berbeda sehingga menentukan jatidiri maing-masing. Dan perbedaan itu akan menentukan perkembangan berikutnya.
         
4.   Sebagai guru SLB mengapa anda perlu mempelajari karakteristik perkembangan anak pada periode anak awal , anak akhir dan puber ?
Bahwa seorang guru sangat penting sekali mengetahui masa-masa perkembangan anak pada periode awal karena dapat membantu dengan sebaik mungkin.

Seorang guru perlu mempelajari perkembangan anak akhir akan mampu mengarahkan  anak didik untuk mencapai secara maksimal perkembangan berikutnya.

Seorang guru sangat penting mempelajari perkembangan anak pada periode puber karena masa ini merupakan masa rentan dalam emosional yang akan menjadi landasan masa perkembangan anak saat mengalami banyak problema yang dihadapi.

5.   Apa yang dimaksud dengan tugas-tugas perkembangan  
 ( development task )  ?
Adalah tugas-tugas yang harus dipecahkan dan diselesaikan oleh setiap individu pada setiap periode perkembangannya agar supaya individu tersebut menjadi bahagia.

6.   Jelaskan secara singkat sekurangnya lima tugas perkembangan pada periode anak sekolah !
-      Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan permainan yang umum.
Pada masa ini anak mengalami perkembangan mempelajari ketrampilan fisik untuk bermain dengan lingkungan.

-      Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh.
Masa ini anak belajar untuk mengenal diri sendiri dengan membangun kepercayaan diri .

-      Belajar menyesuaikan diri dengan teman teman seusianya.
Tugas perkembangan ini anak belajar untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan teman bermain seusianya

-      Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita dengan tepat .
Tugas perkembangan ini anak akan bersosialisasi dengan teman tentu saja untuk anak pria berbeda dengan anak wanita di dalam peran sosial.
-      Mengembangkan ketrampilan keterampilan dasar untuk membaca , menulis , dan berhitung.
Tugas perkembangan ini anak belajar mengembangkan ketrampilan diri dalam membaca ,menulis , dan berhitung untuk dengan teman.

7.   Bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung perkembangan fisik dan motorik bagi perkembangan peserta didik usia remaja ?
Pengaruh perkembangan fisik pada peserta didik usia remaja antara lain :
          Untuk remaja putri misalnya dengan adanya perubahan secara fisik pada dada yang agak besar , pinggul yang agak besar kemudian mengalami menstruasi tentu saja akan mengalami sedikit gangguan di dalam kesehariannya.

           Untuk anak laki-laki dengan ditandai mimpi basah   ( mimpi indah ), suara yang mengalami perubahan , perubahan jakun yang membesar dan tumbuhnya kumis maka berpengaruh dalam kesehariannya.

          Pengaruh secara motorik pada masa remaja adalah setiap individu berbeda-beda kemungkinan terbesar adalah gerakan kurang percaya diri.

          Bagi anak yang berbadan gemuk mungkin sekali ada perasaan kurang percaya diri  Atau sebaliknya yang terlalu kurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021