AKREDITASI
PENGERTIAN AKREDITASI SEKOLAH.
Akreditasi sekolah adalah proses penilaian secara
komprehansif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan / atau program
pendidikan ,yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik.
Karakteristik akreditasi sekolah.
Keseimbangan
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
DASAR HUKUM AKKREDITASI SEKOLAH
Ø UUD 1945’’.
Ø UU RI No.25 Tahun
2000.
Ø SK Mendiknas No
87/U/2002 tentang akreditasi sekolah.
Ø UU No 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ø PP Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
TUJUAN AKREDITASI SEKOLAH.
1. SK Mendiknas Nomor 87/U/2002
v Memperoleh
gambaran kinerja sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.
v Meningkatkan
kelayakan sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
2. Pasal 60 ayat (1) UU Sisdiknas.
v Menentukan
kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan
nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
3. Pasal 86 ayat (1) PP No 19 tahun 2005
v Menentukan
kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada setiap jenjang dan satuan
pendidikan.
MANFAAT AKREDITASI SEKOLAH.
Ø Sebagai sumber
informasi tingkat mutu layanan pendidikan yang dapat digunakan sebagai acuan
untuk pembinaan , pengembangan , dan peningkatan kinerja.
Ø Bahan informasi
penyusunan anggaran pendidikan .
Ø Sebagai acuan
didalam rangka pembinaan dan pengembangan mutu pendidikan di setiap wilayah..
RUANG LINGKUP AKREDITASI
1.
Satuan Pendidikan TK , TKLB, SD, SDLB , SMP, SMPLB, SMA ,
SMALB.
2.
Program Pendidikan . Program keahlian di SMK.
FUNGSI AKREDITASI
v Untuk PEGETAHUAN
, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan dan kinerja sekolah dilihat
dari berbagai unsur terkait,mengacu kepada kualitas yang dikembangkan
berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah.
v Untuk
AKUNTABILITAS, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan
yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.
v Untuk kepentingan
PENGEMBANGAN, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau
pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.
PRINSIP
AKREDITASI.
v OBJEKTIF, memberi informasi apa adanya tentang kelayakan dan
kinerja sekolah.
v EFEKTIF, hasil akreditasi memberikan informasi yang dapat
dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.
v KOMPREHENSIF, penilaian meliputi berbagai aspek yang menyeluruh.
v MEMANDIRIKAN, sekolah dapat berupaya meningkatkan mutu dengan
bercermin pada hasil evaluasi diri.
v KEHARUSAN, akreditas dilaksanakan bagi setiap sekolah sesuai
kesiapannya.
KOMPONEN
YANG DIAKREDITASI.
v Kurikulum dan
Proses Pembelajaran.
v Administrasi dan
Manajemen Sekolah.
v Organisasi dan
Kelembagaan Sekolah.
v Sarana Prasarana.
v Ketenagaan.
v Pembiayaan.
v Peserta Didik.
v Peranserta
Masyarakat.
v Lingkungan dan
Kultur Sekolah.
TINGKAT
DAN KEWENANGAN BADAN AKREDITASI SEKOLAH
v BAS Nasional.
Menetapkan
kebijakan ,standar,sistem,dan perangkat akreditasi secara nasional.
v BAS Propvinsi.
Melaksanakan
akreditasi untuk SMA, SMK, dan SLB.
v BAS Kabupaten /
Kota.
Melaksanakan
akreditasi untuk TK, SD, dan SMP
PERSYARATAN
SEKOLAH UNTUK DIAKREDITASI.
v Memiliki Surat
keputusan kelembagaan aatu ijin pendirian dan sejenisnya.
v Memiliki siswa
pada semua tingkatan.
v Memiliki sarana
dan prasarana pendidikan.
v Memiliki tenaga
kependidikan.
v Melaksanakan
kurikulum nasional
PERINGKAT
AKREDITASI.
A ( Amat Baik ) dengan nilai diatas 85 s/d 100 .
B ( Baik ) dengan nilai di atas 70 s/d 85.
C ( Cukup ) dengan nilai sama atau lebih dari 56 s/d 70.
Tidak terakreditasi jika nilai kurang dari 56.
LAPORAN
HASIL AKREDITASI
SertifikaT
Akreditasi Sekolah dengan peringkat :
A (
amat baik )
B (
Baik ).
C (
cukup ).
Laporan
Akreditasi yang berisi :
( a )
Profil Sekolah.
( b )
Kekuatan dan Kelemahan , dan
( c )
Rekomendasi
NORMA
AKREDITASI
ü Kejujuran .
ü Independensi.
ü Profesionalisme.
ü Keadilan.
ü Kesejajaran.
ü Keterbukaan.
ü Akuntabilitas.
ü Bertanggungjawab.
ü Bebas Intimidasi.
ü Menjaga
Kerahasiaan.
ü Motifasi Terhadap
Keunggulan Mutu.
INSTRUMEN
ADMINISTRASI YANG DIBUAT SEKOLAH :
- Rangkuman Ketidak Hadiran.
- Program Pengembangan Kompetensi dan Kwalifikasi Guru.(49)
- Pelaksanaan Program Remedial .(24)
- Catatan Kegiatan Presentasi Peningkatan Efektifitas Pembelajaran. (104)
- Penelitian Tindakan Kelas.(19)
- Catatan Hasil Evaluasi Sumatif / Belajar Siswa Sebagai Perbaikan dan Pengayaan (40).
- Catatan Pembelajaran di Luar Kelas (21).
- Jumlah Kelas Asal dan Jenis Kelamin Tahun Pelajaran .
- Daftar Pegawai (72).
- Buku Serah Terima Buku Perpustakaan Buku Paket Buku Referensi Guru 3.5.4
- Buku Inventaris Alat Laboratorium ,Bengkel , dan Ketrampilan . 3.5.3
- Buku Laporan Pemeriksaan Bimbingan Konseling. 3.1.2.F
- Buku Pemeriksan Keuangan.3.1.4.C
- Program Tahunan. 2.1.3
- Buku Catatan Hasil arahan Pada Guru dan Karyawan. 2.3.1
- Buku Catatan Hasil Koordinasi Dengan Guru Karyawan. 2.3.2
- Buku Catatan Penghargaan / Hukuman pada Guru / Karyawan. 2.3.3
- Buku Program memanfaatkan Sumber daya Manusia. 2.4.1 A
- Buku Catatan Evaluasi Analisis dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Sumber daya Guru / Karyawan. 2.4.1.B
- Buku Program Pemanfaatan Sarana dan Prasarana. 2.4.2.A
- Buku Catatan Evaluasi Analisis dan Tindak Lanjut Pemanfaatan sarana / Prasarana 2.4.2.B
- Buku Program Perawatan Sarana dan Prasarana .2.4.3.A
- Buku Catatan Evaluasi Analisa dan Tindak Lanjut Perawatan sarana dan Prasarana .2.4.3.B
- Buku Catatan Kinerja Tugas Pokok Guru / Karyawan . 2.4.4
- Buku Program kegiatan penjaga / Karyawan. 1.3.1.b
- Buku Program Kenaikan Pangkat Guru / Karyawan. 1.5.5.a
- Buku Usulan Kenaikan Pangkat Guru / Karyawan . 1.5.5.b
- Buku Pengusulan Jabatan Kepala sekolah . 1.5.6.a
- Buku usulan Kenaikan Jabatan Guru / Karyawan .1.5.6.b
- Buku Program penyediaan bahan Buku Bacaan. 1.5.4.a
- Daftar Buku Referensi Bacaan. 1.5.4.b
- Buku Catatan Kegiatan seminar /Lokakarya/Diskusi. 1.5.3
- Buku Program pendidikan dan pelatihan Tenaga Administrasi. 1.5.1.a
- Buku Catatan Pendidikan dan pelatihan Tenaga Administrasi. 1.5.1.b
- Daftar Buku Reverensi Bacaan Guru / Karyawan. 1.6.4
- Buku Daftar Alat Elektronik Pembelajaran. 1.6.5
- Buku Program Bimbingan Konseling Guru. 1.2.1.a
- Buku Catatan Bimbingan Guru . 1.2.1
- Buku Program Kelompok Kerja Guru (KKG) . 1.5.2.a
- Buku Catatan Kegiatan KKG . 1.5.2.b
- Buku Notula Kegiatan KKG . 1.5.2.c
- Buku Daftar Hadir KKG. 1.5.2.d
- Buku Catatan Pemeriksaan Perangkat Pembelajaran. 1.7.2
- Buku Catatan Penurana Alat Pembelajaran. 1.7.3
- Buku Penyerahan dan Pengesahan Daftar Nilai. 1.2.3
- Buku Penyerahan dan Pengesahan Analisis Evaluasi. 1.2.3
- Buku Penyerahan dan Pengesahan Program Perbaikan dan Pengayaan.1.2.5
- Buku Program Bimbingan Karyawan.1.3.1.a
- Buku Catatan Pembinaan Karyawan.1.3.2
- Buku Kegiatan Karyawan.1.3.3
- Buku Kendali.3.6.1.A
- Buku Program kegiatan .3.2.2 A
- Buku Program Supervisa Ekstrakurikuler.4.1.2
- Buku Program Kegiatan Ekstrakurikuler. 1.4.1
- Buku Catatan Pelaksanaan Supervisi Non Klinis. 4.2.2 a
- Buku Catatan Hasil dari Tindak Lanjut Supervisi Non Klinis. 4.2.2.A
- Buku Program Supervisi Kegiatan Lain-Lain .4.1.3.A
- Buku Catatan Supervisi Kegiatan Lain-Lain .4.1.3.B
- Jadwal Kunjungan Supervisi Kelas.6.3
- Program Supervisi Pembinaan.6.3
- Program Supervisi KBM dan Bimbingan Konseling.4.1.1
- Buku Catatan Hasil Supervisi Kelas dan Bimbingan Konseling. 4.2.1 B
- Buku Pelaksanaan Supervisi Kelas dan Bimbingan Konseling.4.2.2.A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar