Garis besar isi artikel yang berjudul
“Mungkinkah anak anda menderita ADHD
(
Attention Deficit Hyperactivity Disorder ).
yang artinya :
Attention :
perhatian
Deficit :
kekurangan
Hyperactivity :
sangat aktif
Disorder :
tidak teratur
Artinya anak yang perlu
perhatian khusus karena banyak melakukan kegiatan yang tidak terkontrol.
Anak pra sekolah perlu dibentuk ,mampu mengantisipasi
,membagi tugas dalam langkah-langkah yang mudah , serta mendapat hadiah untuk
kesuksesan anak. Jika anak mempunyai masalah memfokuskan perhatian, tugas ini
dipecahkan menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana.
Beri hadiah begitu ia melakukannya dengan benar.
Bersabarlah ! bias jadi butuh waktu sampai berminggu-minggu sebelum anda
melihat ada kemajuan.
Bantuan luar.
Jika anda sudah mencoba pendekatan tersebut dan anak
masih saja punya masalah dalam melakukan berbagai hal bicarakan dengan dokter
anak anda, yang mungkin akan merujuknya ke pakar kesehatan mental , seperti
psikolog atau psikiater anak atau dokter anak yang juga pakar perkembangan
perilaku. Pakar ini insyaAllah bias mendiagnosa kasus-kasus langka ADHD yang
bias diderita anak pada usia ini , atau membantu menguak keterlambatan
pekembangan ,bila ada. Tapi paling bagus ya diperiksa lebih lanjut ke psikolog
Ruang
Lingkup Kajian Pediatri.
1.
Pediatri Klinik.
Para ahli kesehatan anak
meyakini bahwa masa anak-anak adalah merupakan masa emas . kondisi kesehatan
individu anak yang baik akan sangat menentukan keberlangsungan generasi penerus
dimasa depan.
Kondisi ini menunjukkan bahwa menjaga dan meningkatkan
kualitas kesehatan bayi balita dan anak-anak adalah sangat penting, dan peran
pediatric klinik menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan dalam
mengatasi masalah anak.
Dalam mengatasi anak hiperaktif dihubungkan dengan hal
ini kita harus dapat memberi saran supaya anak diperhatikan ,kapan harus makan,
kapan harus belajar, kapan harus bermain supaya anak merasa
diperlukan,diperhatikan dari orang tuanya. Supaya anak dapat menggunakan waktu
dengan tepat , tidak banyak yang digunakan untuk bermain apalagi dengan
mengganggu teman, masyarakat dapat dikurangi bila anak diperhatikan oleh orang
tuanya.
2.
pediatri Pencegahan.
Pediatri pencegahan sebenarnya sudah dapat tercakup dalam
ilmu kesehatan masyarakat. Namun demikian dalam kaitannya dengan anaki ,
pengembangan pediatri pencegahan masih diperlukan.
Salah satu cara mencegah terjadinya gangguan kesehatan
adalah dengan memberikan imunisasi aktif. Tujuan imunisasi aktif ( vaksinasi )
untuk memberikan kekebalan yang efektif dengan membangun antibody yang cukup
banyak dan menambah populasi sel-sel yang dapat berkembang biak dengan cepat
bila ada kontak baru dengan antigen.
Selain aspek pencegahan penyakit melalui imunisasi ,aspek
lain yang tidak kalah pentingnya dalam pediatri pencegahan adalah upaya menjaga
dan meningkatkan kesehatan individu melalui nutrisi yang sesuai dengan umur.
Dalam hubungannya dengan anak yang hiperaktif cara
pencegahannya anak selalu diberi tugas-tugas mainan yang mengarah ke hal-hal
yang posotif agar anak tidak menimbulkan berbagai tingkah laku atau kegiatan
yang tidak baik menuju ke hal-hal yang lebih baik.
3.
Pediatri Sosial.
Pediatric Sosial adalah
merupakan sebagian dari ilmu kedokteran umum yang memperhatikan anak-anak sehat
dari terjadinya konsepsi sampai masa remaja dengan memperhatikan pula keadaan
sosial, ekonomi,keluarga dan
masarakat.
Pediatri social merupakan
suatu usaha untuk
memberikan’semangat’,bagaimana cara
menghadapi anak yang mempunyai
masalah..
Aspek-aspek pediatric
social yang dihadapi anak satu dengan anak lain selalu berbeda- beda.Aspek
pediatri social yang ada hubungannya
dengan anak hiperaktif;Pemikiran orang tua dan masarakat tentang makanan anak,
cara merawat dan membesarkan anak,norma
kebersihan,keadaan ekonomi keluarga,
pengaruh social dan kebudayaan yang mungkin menjadi factor penyebab anak
hiperaktif.
Kepercayaan,sikap dan tindakan
orang tua tentang anak hiperaktif yang dihubungkan dengan sikap orang
lain akan berbeda-beda karma itu sebagai orang tua harus memberi kesempatan kepada anak supaya anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan yang
dimilikinya.
Anak hiperaktif harus kita didik dengan banyak diberi ketrampilan ,kesibukan yang positif sabar,
sedikit demi sedikit agar dapat berhasil
dengan baik..
Pelaksanaan dan penerapan
pediatric social di masing-masing
pendapat akan berbeda-beda dari
orang tua dapat mengambil yang terbaik
untuk diterapkan pada anak hiperaktif.
Kesimpulan
Anak yang mempunyai gejala seperti tersebut di atas
banyak kita jumpai di masyarakat . hal ini mungkin disebabkan karena :
- Anak kurang perhatian dari orang tua.
- Anak ingin selalu diperhatikan.
- Anak diasuh oleh pembantu.
- Kesibukan dari orang tua sehingga tidak tahu perkembangan anaknya.
- Anak yang diasuk nenek kakeknya sehingga semua kemauan dari sang cucu selalu dikabulkannya.
Pada kebanyakan
anak usia dibawah enam tahun , ADHD sulit didiagnosa. Anak pra sekolah perlu
dibentuk ,mampu mengantisipasi ,membagi tugas dalam langkah-langkah yang mudah
,serta membentuk agar anak selalu dilatih untuk kesuksesan anak seperti
lainnya:
- Berilah hadiah begitu ia melakukan kegiatan dengan benar.
- Lakukanlah dengan sabar dan berulang-ulang sehingga dapat dilihat kemajuannya.
- Untuk memberi semangat anak dapat mengajak teman untuk berlatih bersama.
Bantuan luar :
Jika anda sudah mencoba pendekatan tersebut dan anak anda
masih punya masalah dalam melakukan berbagai hal ,bicarakanlah dengan dokter
anak anda, yang mungkin akan merujuknya ke pakar kesehatan mental seperti
psikolog atau psikiater anak, atau dokter yang juga pakar perkembangan. Para pakar ini bias mendiaognosa kasus-kasus langka ADHD
yang yang diderita anak ,membantu menguak keterlambatan perkembangan bila ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar