Selasa, 24 November 2015

ADHD





Garis besar isi artikel yang berjudul
Mungkinkah anak anda menderita ADHD
( Attention Deficit Hyperactivity Disorder ).
yang artinya :
Attention        : perhatian
Deficit             : kekurangan
Hyperactivity : sangat aktif
Disorder         : tidak teratur
Artinya anak yang perlu perhatian khusus karena banyak melakukan kegiatan yang tidak terkontrol.
            Anak pra sekolah perlu dibentuk ,mampu mengantisipasi ,membagi tugas dalam langkah-langkah yang mudah , serta mendapat hadiah untuk kesuksesan anak. Jika anak mempunyai masalah memfokuskan perhatian, tugas ini dipecahkan menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana.
            Beri hadiah begitu ia melakukannya dengan benar. Bersabarlah ! bias jadi butuh waktu sampai berminggu-minggu sebelum anda melihat ada kemajuan.
            Bantuan luar.
            Jika anda sudah mencoba pendekatan tersebut dan anak masih saja punya masalah dalam melakukan berbagai hal bicarakan dengan dokter anak anda, yang mungkin akan merujuknya ke pakar kesehatan mental , seperti psikolog atau psikiater anak atau dokter anak yang juga pakar perkembangan perilaku. Pakar ini insyaAllah bias mendiagnosa kasus-kasus langka ADHD yang bias diderita anak pada usia ini , atau membantu menguak keterlambatan pekembangan ,bila ada. Tapi paling bagus ya diperiksa lebih lanjut ke psikolog



Ruang Lingkup Kajian Pediatri.
1. Pediatri Klinik.
            Para ahli kesehatan anak meyakini bahwa masa anak-anak adalah merupakan masa emas . kondisi kesehatan individu anak yang baik akan sangat menentukan keberlangsungan generasi penerus dimasa depan.
            Kondisi ini menunjukkan bahwa menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan bayi balita dan anak-anak adalah sangat penting, dan peran pediatric klinik menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan dalam mengatasi masalah anak.
            Dalam mengatasi anak hiperaktif dihubungkan dengan hal ini kita harus dapat memberi saran supaya anak diperhatikan ,kapan harus makan, kapan harus belajar, kapan harus bermain supaya anak merasa diperlukan,diperhatikan dari orang tuanya. Supaya anak dapat menggunakan waktu dengan tepat , tidak banyak yang digunakan untuk bermain apalagi dengan mengganggu teman, masyarakat dapat dikurangi bila anak diperhatikan oleh orang tuanya.

2. pediatri Pencegahan.
            Pediatri pencegahan sebenarnya sudah dapat tercakup dalam ilmu kesehatan masyarakat. Namun demikian dalam kaitannya dengan anaki , pengembangan pediatri pencegahan masih diperlukan.
            Salah satu cara mencegah terjadinya gangguan kesehatan adalah dengan memberikan imunisasi aktif. Tujuan imunisasi aktif ( vaksinasi ) untuk memberikan kekebalan yang efektif dengan membangun antibody yang cukup banyak dan menambah populasi sel-sel yang dapat berkembang biak dengan cepat bila ada kontak baru dengan antigen.
            Selain aspek pencegahan penyakit melalui imunisasi ,aspek lain yang tidak kalah pentingnya dalam pediatri pencegahan adalah upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan individu melalui nutrisi yang sesuai dengan umur.
            Dalam hubungannya dengan anak yang hiperaktif cara pencegahannya anak selalu diberi tugas-tugas mainan yang mengarah ke hal-hal yang posotif agar anak tidak menimbulkan berbagai tingkah laku atau kegiatan yang tidak baik menuju ke hal-hal yang lebih baik.

3. Pediatri Sosial.
Pediatric Sosial adalah merupakan sebagian dari ilmu kedokteran umum yang memperhatikan anak-anak sehat dari  terjadinya  konsepsi sampai masa  remaja dengan memperhatikan pula  keadaan  sosial, ekonomi,keluarga dan  masarakat.  
Pediatri social merupakan suatu usaha  untuk memberikan’semangat’,bagaimana cara  menghadapi anak yang  mempunyai masalah..
Aspek-aspek pediatric social  yang dihadapi anak satu  dengan anak lain selalu berbeda- beda.Aspek pediatri  social yang ada hubungannya dengan anak hiperaktif;Pemikiran orang tua dan masarakat tentang makanan anak, cara merawat dan membesarkan  anak,norma kebersihan,keadaan  ekonomi keluarga, pengaruh social dan kebudayaan yang mungkin menjadi factor penyebab anak hiperaktif.
Kepercayaan,sikap dan  tindakan  orang tua tentang anak hiperaktif yang dihubungkan dengan sikap orang lain akan berbeda-beda karma itu sebagai orang tua  harus memberi kesempatan  kepada anak  supaya anak dapat tumbuh dan berkembang  sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. 
Anak hiperaktif  harus kita didik dengan banyak diberi  ketrampilan ,kesibukan yang positif sabar, sedikit demi sedikit  agar dapat berhasil dengan baik..
Pelaksanaan dan penerapan pediatric social di masing-masing  pendapat akan berbeda-beda  dari orang tua  dapat mengambil  yang terbaik  untuk diterapkan pada anak hiperaktif.          
   

Kesimpulan
            Anak yang mempunyai gejala seperti tersebut di atas banyak kita jumpai di masyarakat . hal ini mungkin disebabkan karena :
  • Anak kurang perhatian dari orang tua.
  • Anak ingin selalu diperhatikan.
  • Anak diasuh oleh pembantu.
  • Kesibukan dari orang tua sehingga tidak tahu perkembangan anaknya.
  • Anak yang diasuk nenek kakeknya sehingga semua kemauan dari sang cucu selalu dikabulkannya.

Pada kebanyakan anak usia dibawah enam tahun , ADHD sulit didiagnosa. Anak pra sekolah perlu dibentuk ,mampu mengantisipasi ,membagi tugas dalam langkah-langkah yang mudah ,serta membentuk agar anak selalu dilatih untuk kesuksesan anak seperti lainnya:
  • Berilah hadiah begitu ia melakukan kegiatan dengan benar.
  • Lakukanlah dengan sabar dan berulang-ulang sehingga dapat dilihat kemajuannya.
  • Untuk memberi semangat anak dapat mengajak teman untuk berlatih bersama.

Bantuan luar :
            Jika anda sudah mencoba pendekatan tersebut dan anak anda masih punya masalah dalam melakukan berbagai hal ,bicarakanlah dengan dokter anak anda, yang mungkin akan merujuknya ke pakar kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater anak, atau dokter yang juga pakar perkembangan. Para pakar ini bias mendiaognosa kasus-kasus langka ADHD yang yang diderita anak ,membantu menguak keterlambatan perkembangan bila ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021