Sabtu, 21 November 2015

Cerdas Daya Ingat Kuat



CERDAS DENGAN DAYA INGAT KUAT

          Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan anak dengan daya ingat kuat. Hanya 1-2 kali diajarkan menyanyi lagu pendek atau do’a pendek anak langsung hafal. Hal ini disebabkan waktu lahir bayi memiliki 100 milliard neuron dan satu trilyun sel glia atau sel sarang yang melindungi dan memberi makan neuron. Kuncinya stimulasi semakin sering,daya ingat anak kuat.
          Kemampuan mengingat merupakan faktor penting dalam kehidupan anak. Daya ingat salah satu indikator kecerdasan, selain konsentrasi dan nalar.         

PERKEMBANGAN DAYA INGAT.
          Setiap tahapan usia memiliki perkembangan daya ingat sendiri. Tahun pertama bayi sudah memiliki daya ingat dan memori walaupun belum terlalu berkembang. Masa batita daya ingat mulai berkembang,informasi yang diterima otak disimpan dalam memori jangka pendek,jadi daya ingat batita juga terbatas. Seiring bertambah usia anak mulai mampu menceritakan pengalaman bermain. Bisa menerima perintah dan melaksanakannya. Selanjutnya di usia sekolah dasar kemampuan terus bertambah yaitu bagaimana memproses dan menyimpan berbagai informasi masuk. Semakin besar usia anak kemampuan mengorganisasi otaknya lebih baik. Apalagi kemampuan usia sekolah masuk tahap-tahap kongkret operasional sistematika berfikir sudah terkonsep.




MANFAAT DAYA INGAT KUAT
          Manfaat daya ingat kuat adalah antara lain :
1.   Semakin diasah kemampuan mengingat semakin besar ruangan yang disediakan otak untuk menyempurnakan informasi anak terlatih menyimpan banyak informasi.
2.   Meningkatkan konsentrasi .
 Proses mengingat mengharuskan anak memusatkan     perhatian.
3.   Belajar pemahaman.
Memahami materi berarti mengasah daya ingat melatih anak untuk memahami sesuatu.
4.   Menumbuhkan kepercayaan diri.
Pengucapan kembali merupakan prestasi yang membuat bangga sehingga memupuk rasa percaya diri .
5.   Melatih kemampuan berbahasa.
Secara tidak langsung melatih mengingat juga sekaligus melatih kemam[puan berbahasa.
6.   Sangat bermanfaat saat anak beranjak dewasa.
Beberapa profesi menuntut daya ingat tinggi seperti dokter, pakar hukum, dan artis.

KIAT DAYA INGAT KUAT.
          Membicarakan daya ingat , berarti kita membicarakan memori, yaitu gudang informasi yang didapat malalui beberapa aspek sensori seperti penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan. Mulanya informasi disimpan dalam memori jangka pendek . memori jamgka pendek adalah memori yang bertahan dalam hitungan detik sampai jam. Memori jangka panjang adalah memori yang bisa bertahan dalam hitungan hari, tahun ,bahkan seumur hidup.

          Contoh cara agar daya ingat kuat antara lain dengan :
1. Pengulangan.
Merupakan strategi utama mengingat, dengan diulang-ulang akan masuk memori jangka panjang.
2. Menyingkat.
Dengan menyingkat lebih mudah menghafal.
3.  Mencatat.
Untuk menguatkan memori jangka pendek .
4.  Tumbuhkan motivasi.
Memberikan pujian agar anak bersemangat bila melakukan sesuatu yang benar.
5.  Beri informasi penting.
Manfaat bila diberi informasi penting semisal mudah mendapatkan pertolongan pertama jika kena musibah. ( hafal nomor telepon rumah sakit, kantor polisi).
6.  Pastikan anak paham.
Jika anak paham maka akan memahami permasalahan.
7.  Lakukan pembiasaan.
Lakukan beberapa pembiasaan yang dapat membuka daya ingat anak.

TELAAH KRITIS
          Bahwa daya ingat kuat sangat penting bagi manusia . dikatakan cerdas apabila ia mempunyai daya ingat yang kuat. Adapun daya ingat kuat perlu adanya latihan,pengulangan, menyingkat, memberi informasi,mencatat, memastikan anak paham,dan lakukan pembiasaan.
          Kemampuan mengingat merupakan faktor penting di dalam kehidupan anak. Dengan daya ingat yang kuat ia akan dapat , mengarungi kehidupan ini dengan baik. Yang menyebabkan daya ingat kuat disamping karena kemampuan yang lebih juga perlunya belajar dan pengalamnnya.
          Dengan daya ingat yang kuat diharapkan anak akan dapat berpacu untuk menghadapi persaingan berat dalam kehidupan ini. Artinya ia akan berlomba menghadapi kemajuan ilmu dan tehnologi. Dengan daya ingat yang kuat ia akan menghadapi permasalahan ini dengan keyakinan dan kepastian.
          Tugas guru dan orang tua adalah memupuk dan mendorong anak untuk dapat menghadapi kehidupan ini . Dapat memecahkan masalah yang akan dihadapi dalam kehidupan ini. Dengan berbekal daya ingat yang kuat diharapkan anak dapat bersaing dengan yang lain dalam prestasi dan hasil belajar tinggi.

KESIMPULAN
          Seorang anak dengan daya ingat yang kuat merupakan modal dalam ia menghadapi permasalahan kehidupan ini . dengan bekal daya ingat kuat tentunya seorang anak diharapkan berhasil menghadapi permasalahan dalam kehidupan ini.
          Dengan daya ingat kuat orang tua atau guru tinggal memupuk kemampuan itu sehingga anak dapat berhasil di dalam kehidupan masa depan. Ia akan mempunyai ide dan gagasan yang tentunya lain dengan anak umumnya. Ia lebih dari teman-teman lainnya, sehingga ia nantinya bisa merubah apa yang sudah ada, apa yang sudah baik akan lebih meningkat lagi. Ia akan menjadi generasi muda yang akan dapat merubah dan memperbaiki yang kurang baik menjadi lebih baik / meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021