Sabtu, 21 November 2015

Berpendapat



Pengertian / pengetahuan
1.   Pengertian tehnik observasi adalah Metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolabulatornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama pengamatan.

2.   Jenis-jenis tehnik observasi adalah :
a.   Observasi Partisipatif, yaitu observasi yang dilakukan oleh observer ( pengamat ) dengan turut mengambil bagian dalam kegiatan yang dilakukan oleh obyek yang diobservasi ( observee ).
b.   Observasi Sistematis, yaitu observasi yang direncanakan terlebih dahulu aspek-aspek yang akan diobservasi sesuai dengan tujuan ,waktu , dan alat yang dipakai.
c.   Observasi Eksperimental , yaitu observasi yang dilakukan untuk mengetahui peubahan-perubahan atau gejala-gejala sebagai akibat dari situasi yang sengaja diadakan.

3.   Pengertian tehnik angket adalah Metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.

4.   Bagian-bagian pokok angket adalah
a.   Pertanyaan adalah suatu serangkaian pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada responden.
b.   Responden adalah orang atau sekolompok orang yang akan diamati.
c.   Observer adalah orang atau instansi yang melaksanakan / pembuat angket.


5.   Pengertian tehnik angket adalah Metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis yang diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban secara tertulis.

6.   Macam-macam tehnik wawancara
a.   Wawancara perorangan (individu),adalah wawancara yang dilakukan secara perorangan . Dan
b.   Wawancara kelompok, adalah wawancara yang dilakukan terhadap kelompok atau banyak orang.

Menurut peran yang dimainkan :
·        The non-directive interview, yaitu wawancara yang digunakan dalam proses konseling.
·        The focused interview , yaitu wawancara yang ditujukan kepada orang-orang tertentu yang mempunyai hubungan dengan objek-objek yang diselidiki.
·        The repeated interview, yaitu wawancara yang berulang.
7.   Kegunaan sosiometri adalah untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok dan juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang  dalam kelompoknya serta untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok , baik dalam kegiatan belajar , bermain, bekerja, dan kegiatan-kegiatan kelompok lainnya .

8.   Angket sosiometri adalah serangkaian pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok ,untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya atau untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021