PELAKSANA
REHABILITASI
Tim
Rehabilitasi terdiri :
1. Tenaga
Rehabilitasi :
A. ASPEK
MEDIS
a)
Dokter Spesialis seperti :
·
Dokter spesialis rehabilitasi
·
Dokter ortopedi
·
Dokter THT
·
Dokter mata
·
Dokter jiwa
·
Dokter spesialis anak
Tugas utama
adalah memeriksa, menegakkan diagnosa dan menentukan garis besar program
rehabilitasi medis untuk dilaksanakan oleh pelaksana rehabilitasi .
b)
Para Medis
·
Fisioterapis
mempunyai
keahlian dalam memanfaatkan tenaga fisik dalam pengobatan. Target utamanya
adalah melatih mobilitasi.
·
Okupasional
terapis
Ahli dalam
mengadakan evaluasi gangguan fungsi tangan serta mmberikan latihan
pengembaliannya sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh tim
rehabilitasi. Target utamanya melatih mobilisasi
·
Protesis
dan Ortesis.
Ahli
tehnisi dalam mengukur membuat dan mengepas komponen tubuh palsu ( protesa )
atau alat penunjang
(ortosa)
bagian tubuh yang lumpuh, lemah, sakit sesuai program keputusan tim.
·
Terapis
Bicara.
Ahli dalam
mengadakan evaluasi serta melatih gangguan komunikasi ( speech problem ).
·
Perawat
Rehabilitasi.
Ahli
perawatan umum, perawatan khusus problem rehabilitasi seperti mencegahkomplikasi
istirahat lama.
·
Ahli
Optical
Ahli dalam
bidang pengukuran tajam penglihatan dan memilih alat Bantu melihat.
·
Ahli
Audiologi
Ahli dalam
mengadakan pengukuran tajam pendengaran dan memilih alat Bantu pendengaran.
B.
ASPEK PSIKOLOGI
Ahli
rehabilitasi dibidang psikologi adalah psikolog , ahli dalam mengadakan
evaluasi dan mengobati gangguan mental psikologi akibat cacat untuk
meningkatkan motivasi , berusaha mengatasi kecacatan serta akibatnya.
C.
ASPEK SOSIAL
Pekerja
social memiliki peranan dalam
mengevaluasi dan membantu memecahkan masalah-masalah sosial yang berhubungan
dengan kecacatan.
D. ASPEK
VOKASIONAL
Ahli
rehabilitasi yang mampu mengarahkan kegiatan rehablitasi menuju berbagai bentuk
kegiatan yang bersifat ketrampilan yang berguna untuk kehidupan anak di masa
dating sehingga dapat dijadikan modal dalam kehidupannya.
2. GURU
Guru berfungsi
sebagai asisten ahli rehabilitasi, karena sebelumnya dibekali berbagai disiplin
ilmu yang berhubungan dengan kegiatan rehabilitasi.
Tugas
utama guru adalah :
a.
Melakukan assesmen dalam rangka pengumpulan
data ABK yang ada di sekolah. Data yang dikumpulkan antara lain:
b. Mengadakan pencatatan yang berhubungan dengan kecacatannya.
c. Melaksanakan bentuk-bentukkegiatan rehabilitasi yang sebenarnya
melaksanakan KBM
d. Melakukan pembinaan kepada orang tua untuk membantu melakukan rehabilitasi
dan pengawasan .
e. Melakukan perujukan anak untuk memperoleh pelayanan rehabilitasi sesuai
dengan kebutuhan.
3.ORANG TUA.
Orang tua dan masyarakat perlu dibekali ilmu dan cara melaksanakan
rehabilitasi , terutama yang berkaitan dengan kegiatan praktis keseharian anak
di rumah. Bekal ilmu dan cara melaksanakan rehabilitasi dapat dilakukan oleh
ahli rehabilitasi dan guru dalam hal :
a. Cara memberikan rehabilitasi anak di rumah sesuai dengan jenis kecacatan
anak.
b. Cara mengatasi kesulitan yang timbul dalam rahabilitasi di rumah.
c. Untuk memecahkan masalah secara bersama
perlu diadakan konsultasi dan dialog antara guru dengan orang tua anak .
Antara tenaga rehabilitasi, guru , orang tua . perlu bekerjasama secara
baik dalam rangka kelancaran pelaksanaan kegiatan rehabilitasi yang akan
mengantarkan anak mengikuti pendidikan .di sekolah dan mampu melaksanakan
fungsi sosial .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar