Sabtu, 02 Januari 2016

PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI BUNYI



Bahan         : Sumber Bunyi 
Kelas          : I
Waktu         : 30 menit.
Alat            : peluit , kaleng ,pianika, sendok dan piring.
Metode       : ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi.

Jalannya Pembelajaran.
1. Appersepsi.
Ø Siapa yang bisa meniup peluit?
Ø Siapa yang dirumah punya kaleng?
Ø Thing-thing suara apa?

2. Kegiatan Inti.
Ø Guru memberikan contoh cara membunyikan peluit.
Ø Guru menunjukkan kaleng bila dipukul dapat mengeluarkan bunyi. Coba dengarkan suara kaleng ini?
Ø Guru membawa piring dan sendok ditunjukkan ke siswa, guru memukul piring dengan sendok dan menjelaskannya.
Ø Guru memberi kesempatan kepada siswa siapa yang belum jelas dari ketiga contoh tadi.
Ø Secara bergantian menyuruh siswa mempraktekkan beberapa sumber bunyi..

3. Evaluasi.
Ø Siswa maju membunyikan peluit.
Ø Peserta didik disuruh memukul kaleng.
Ø Peserta didik disuruh memukul piring dengan sendok.
Ø Prit prit prit ..... bunyi suara apa ?
Ø Thing thing thing bunyi suara apa ?

4. Penutup
Ø Guru memberi nasehat kepada anak su[paya rajin belajar.
Ø Guru mengakhiri pelajaran.


A.   Sumber Bunyi.

Langkah-langkah latihan :
a)     Anak melihat , merasakan getaran, mendengarkan bunyi : peluit, kaleng, pianika, sendok dan piring.
Bunyi peluit : prit prit prit.
Bunyi kaleng : thek thek thek.
Bunyi pianika : net net net.
Bunyi sendok piring : thing thing thing.

b)    Anak melihat lalu menyebutkan nama bendanya: ( peluit, kaleng, pianika, sendok dan piring).

c)     Anak melihat mendengarkan dan mengujarkan nama benda. Sambil menunjukkan benda atau gambarnya.

B.   Arah Bunyi.
a)     Arah bunyi dari kiri dan kanan.
b)    Arah bunyi dari depan dan belakang.

C.   Evaluasi.
a)     Tiuplah peluit.
b)    Pukullah kaleng ini !
c)     Pukullah piring ini dengan sendok!
d)    Ambilkan pianika!
e)     Menyebutkan nama sumber bunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021