Bahan : Sumber
Bunyi
Kelas : I
Waktu : 30 menit.
Alat : peluit , kaleng
,pianika, sendok dan piring.
Metode : ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas, demonstrasi.
Jalannya Pembelajaran.
1. Appersepsi.
Ø Siapa yang bisa meniup
peluit?
Ø Siapa yang dirumah punya
kaleng?
Ø Thing-thing suara apa?
2. Kegiatan Inti.
Ø Guru memberikan contoh
cara membunyikan peluit.
Ø Guru menunjukkan kaleng
bila dipukul dapat mengeluarkan bunyi. Coba dengarkan suara kaleng ini?
Ø Guru membawa piring dan
sendok ditunjukkan ke siswa, guru memukul piring dengan sendok dan
menjelaskannya.
Ø Guru memberi kesempatan
kepada siswa siapa yang belum jelas dari ketiga contoh tadi.
Ø Secara bergantian
menyuruh siswa mempraktekkan beberapa sumber bunyi..
3. Evaluasi.
Ø Siswa maju membunyikan
peluit.
Ø Peserta didik disuruh
memukul kaleng.
Ø Peserta didik disuruh
memukul piring dengan sendok.
Ø Prit prit prit .....
bunyi suara apa ?
Ø
Thing
thing thing bunyi suara apa ?
4. Penutup
Ø
Guru
memberi nasehat kepada anak su[paya rajin belajar.
Ø
Guru
mengakhiri pelajaran.
A. Sumber Bunyi.
Langkah-langkah latihan :
a)
Anak melihat , merasakan getaran, mendengarkan bunyi :
peluit, kaleng, pianika, sendok
dan piring.
Bunyi peluit : prit prit prit.
Bunyi kaleng : thek thek thek.
Bunyi pianika : net net net.
Bunyi sendok piring : thing thing thing.
b)
Anak
melihat lalu menyebutkan nama bendanya: ( peluit, kaleng, pianika, sendok dan
piring).
c)
Anak
melihat mendengarkan dan mengujarkan nama benda. Sambil menunjukkan benda atau
gambarnya.
B.
Arah
Bunyi.
a) Arah bunyi dari kiri dan
kanan.
b) Arah bunyi dari depan dan
belakang.
C. Evaluasi.
a) Tiuplah peluit.
b) Pukullah kaleng ini !
c) Pukullah piring ini
dengan sendok!
d) Ambilkan pianika!
e) Menyebutkan nama sumber
bunyi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar