RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SLB Negeri Kendal
Satuan
Pendidikan : SDLB
Tema/Subtema : Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 2
Kelas/Semester :
I/II
AlokasiWaktu
: 3 hari (15 X 30 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
3.2
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh, dengan bantuan guru atau teman, dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Mempraktekan
teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian dan pemahaman.
Matematika
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah atau tempat bermain.
4.2 Menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain untuk
menelusuri bilangan asli sampai 10.
SBDP
3.3 Mengenal
pola irama lagu
4.3 Menyanyikan
lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi*)
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Memahami urutan kegiatan dalam menggosok
gigi.
4.3.1 Menebalkan tulisan sederhana kegiatan pagi
hari.
Matematika
3.2.1 Mengenal urutan bilangan bulat sampai dengan
5.
4.2.1 Membilang bilangan bulat sampai dengan 5.
SBDP
3.3.1 Memahami lagu “Bangun Tidur”.
4.3.1 Menyanyikan lagu “Bangun Tidur” sambil
bertepuk tangan.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Lagu Bangun Tidur Cipt. Pak Kasur
Bangun Tidur
Bangun tidur
Ku terus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong
ibu
Membersihkan tempat
tidurku
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa pesertadidik dan menanyakan kabar
mereka
b.
Guru meminta salah seorang pesertadidik untuk memimpin doa
c.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Dengan bertanya tentang bangun
pagi.
d.
Guru memberi motivasi kepada pesertadidik agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.
Guru mengajak siswa untuk mengucapkan terima
kasih jika kita dibangunkan oleh orangtua, karena mereka membantu kita agar
tidak terlambat untuk memulai kegiatan.
|
5
Menit
|
Inti
|
Mengamatidanmenanya
a.
Guru mengajak siswa mengamati
gambar pada buku siswa.
b.
Guru mengajak siswa mengamati
teks lagu Bangun Tidur
c.
Guru memberi pertanyaan :
“ Adakah yang susah dibangunkan?”
“adakah yang mudah saat dibangunkan?”
Mengidentifikasi
a.
Dari mengamati dan menanya gambar
pada buku siswa, peserta didik mengidentifikasi bangun tidur pada suasana
pagi hari.
b.
Siswa menirukan guru membaca teks
lagu “Bangun Tidur”.
c. Siswa
mengikuti guru menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.
Menalar
a.
Selanjutnya siswa
menjawab pertanyaan tentang isi lagu “Bangun Tidur”.
b.
Guru membimbing siswa
untuk melakukan tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
c.
Guru membimbing siswa
untuk menebalkan tulisan kebiasaan setelah bangun tidur.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa diminta menyanyikan lagu
“Bangun Tidur”
b.
Siswadimintauntukmenunjukanhasilmenebalkan tulisan.
|
140 menit
|
Penutup
|
a.
Guru menutup pelajaran dan
diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
|
5
Menit
|
2.
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa pesertadidik dan menanyakan kabar
mereka
b.
Guru meminta salah seorang pesertadidik untuk memimpin doa
c.
Guru mengajak siswa bersyukur karena masih diberi
diberi kesehatan serta dapat menikmati indahnya pagi.
d.
Guru memberi motivasi kepada pesertadidik agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5
Menit
|
Inti
|
Mengamatidanmenanya
a.
Guru mengajak siswa mengamati
kartu gambar pada buku siswa.
b.
Guru menyiapkan kartu-kartu
gambar kegiatan pagi hari sejak bangun tidur sampai berangkat sekolah.
c.
Guru menyampaikan bahwa setiap
anak memiliki kegiatan pagi hari yang berbeda.
Mengidentifikasi
a.
Dari mengamati gambar pada buku
siswa dan kartu-kartu gambar dari guru, maka siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan pagi hari.
b.
Guru meminta siswa mengurutkan
gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar
tersebut sesuai kebiasaan masing-masing.
Menalar
a.
Selanjutnya siswa
menjawab pertanyaan tentang” Kegiatan Pagi Hari sebelum berangkat sekolah
hingga berangkat sekolah”.
b.
Guru membimbing siswa
untuk melakukan tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
Mengkomunikasikan
c.
Siswa diminta untuk mengurutkan
gambar kegiatan pagi hari”
d.
Siswadimintauntukmenunjukanhasilurutan kegiatan pagi
hari.
|
140 menit
|
Penutup
|
a.
Guru menyimpulkan pelajaran hari
ini dan mengapresiasi hasil kegiatan siswa serta mengingatkan mereka untuk
melakukan kebiasaan pagi hari dengan percaya diri.
b.
Guru menutup pelajaran dan
diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
|
5
Menit
|
3.
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pelajaran dengan
menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.
b.
Guru menanyakan pada siswa apa
gunanya gigi?
c.
Guru mengajak siswa bersyukur
karena memilgi yang sehat.
|
5
Menit
|
Inti
|
Mengamatidanmenanya
a.
Guru mengajak siswa mengamati
urutan bilangan yang tertera pada gambar.
b.
Guru membimbing siswa membilang 1
- 4.
c.
Siswa dapat menjawab pertanyaan
dari guru tentang gosok gigi.
Mengidentifikasi
a.
Dari mengamati gambar pada buku
siswa dan kartu-kartu gambar dari guru, maka siswa dapat mengidentifikasi
urutan menggosok gigi.
b.
Guru meminta siswa mengurutkan
gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar
tersebut sesuai dengan urutannya.
Menalar
a.
Selanjutnya siswa
menjawab pertanyaan tentang menggosok gigi”.
b.
Guru membimbing siswa
untuk melakukan menggosok gigi.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa diminta untuk mengurutkan
gambar urutan menggosok gigi.
b.
Siswadiminta menunjukkan alat untuk menggosok
gigi.
c.
Siswa diminta
menunjukkan tapal gigi.
|
140 menit
|
Penutup
|
a.
Guru menyimpulkan pelajaran hari
ini dan mengapresiasi hasil kegiatan siswa.
b.
Guru menutup pelajaran dan
diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
|
5
Menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaiansikap : Observasi
b.
Penilaianpengetahuan : Tes lisan dan tulis
c.
Penilaianketerampilan : Unjuk kerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaiansikap:
No.
|
Nama
|
Percaya diri
|
Santun
|
Bekerja Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
Ahmad
Faizal Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Faizal
Januar Purnomo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Rodiyatul
Ghorrok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Wafiq
Dewi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Afif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
memberikan tanda (V) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang
muncul dari siswa.
a.
Penilaian keterampilan:
1)
Unjuk Kerja menyanyikan lagu “Bangun
Tidur”
Rubrik
menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan lagu
|
Hafal seluruh syair lagu, irama tepat,
|
Hafal syair lagu, irama tidak tepat
atau sebaliknya
|
Hafal sebagiaan kecil syair lagu.
|
Belum mampu menghafalkan syair lagu.
|
2)
Unjuk kerja mengurutkan gambar dan
melakukan kegiatan menggosok gigi.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Ketepatan
mengurutkan gambar.
|
Mengurutkan
4 atau lebih kelompok gambar.
|
Mengurutkan
4 atau lebih kelompok gambar.
|
Mengurutkan
2 kelompok gambar.
|
Belum
mampu mengurutkan gambar
|
|
Kemampuan
menggosok gigi
|
Menggosok
gigi secara urut dan tertib.
|
Menggosok
gigi secara urut tapi tidak teartib atau sebalikny.
|
Menggosok
gigi tidak urut dan tidak tertib.
|
Belum
mampu menggosok gigi.
|
1.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1)
Guru membahas kembali tentang kegiatan
pagi hari untuk siswa yang belum paham.
2)
Guru mengulas kembali tentang
kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
3)
Guru membimbing siswa secara rutin untuk
melakukan kegiatan menggosok gigi bersama-sama.
4)
Guru membimbing siswa lebih lanjut yang
belum bisa menggosok gigi.
b.
Pengayaan
1)
Guru bimbingan untuk menyalin
kata-kata yang sudah ditebalkan.
F.
Media/Alat dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar kegiatan pagi
hari, kartu kata
2.
Alat : -
3.
Sumber
belajar : Buku Siswa kelas I Tema 3 Sub Tema I (Kegiatan Pagi Hari)
Pembelajaran 2.
Mengetahui
Plt
Kepala SLBN Kendal
MURGIYANTO,
S.Pd
NIP
19590903 198405 1 001
|
|
Kendal, Januari 2016
Guru Kelas
SUHARDIYANA,
S.Pd
NIP 19660930 199403 1
006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar