Senin, 01 Februari 2016

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SLB Negeri Kendal
Satuan Pendidikan     : SDLB
Tema/Subtema           : Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran             : 2
Kelas/Semester           : I/II
AlokasiWaktu             : 3 hari (15 X 30 menit)

A.           Kompetensi Inti (KI)
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam  berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.             Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2  Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh, dengan bantuan guru atau teman, dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2       Mempraktekan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian dan pemahaman.

Matematika
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain.
4.2       Menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain untuk menelusuri bilangan asli sampai 10.
 SBDP
3.3       Mengenal pola irama lagu
4.3       Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama.

C.           Indikator Pencapaian Kompetensi*)
Bahasa Indonesia
3.2.1    Memahami urutan kegiatan dalam menggosok gigi.
4.3.1    Menebalkan tulisan sederhana kegiatan pagi hari.

Matematika
3.2.1    Mengenal urutan bilangan bulat sampai dengan 5.
4.2.1    Membilang bilangan bulat sampai dengan 5.

SBDP
3.3.1    Memahami lagu “Bangun Tidur”.
4.3.1    Menyanyikan lagu “Bangun Tidur” sambil bertepuk tangan.

D.           Materi Pembelajaran
1.      Lagu Bangun Tidur Cipt. Pak Kasur
               Bangun Tidur
Bangun tidur
Ku terus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku


E.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa pesertadidik dan menanyakan kabar mereka
b.      Guru meminta salah seorang pesertadidik untuk memimpin doa
c.       Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Dengan bertanya tentang bangun pagi.
d.      Guru memberi motivasi kepada pesertadidik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.       Guru mengajak siswa untuk mengucapkan terima kasih jika kita dibangunkan oleh orangtua, karena mereka membantu kita agar tidak terlambat untuk memulai kegiatan.


5 Menit
Inti
Mengamatidanmenanya
a.       Guru mengajak siswa mengamati gambar pada buku siswa.
b.      Guru mengajak siswa mengamati teks lagu Bangun Tidur
c.       Guru memberi pertanyaan :
“ Adakah yang susah dibangunkan?”
“adakah yang mudah saat dibangunkan?”


Mengidentifikasi
a.     Dari mengamati dan menanya gambar pada buku siswa, peserta didik mengidentifikasi bangun tidur pada suasana pagi hari.
b.    Siswa menirukan guru membaca teks lagu “Bangun Tidur”.
c.    Siswa mengikuti guru menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.

Menalar

a.       Selanjutnya siswa menjawab pertanyaan tentang isi lagu “Bangun Tidur”.
b.      Guru membimbing siswa untuk melakukan tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
c.       Guru membimbing siswa untuk menebalkan tulisan kebiasaan setelah bangun tidur.

Mengkomunikasikan
a.         Siswa diminta menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
b.         Siswadimintauntukmenunjukanhasilmenebalkan tulisan.


140 menit
Penutup
a.         Guru menutup pelajaran dan diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
5
Menit


2.        Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.           Guru membuka pelajaran dengan menyapa pesertadidik dan menanyakan kabar mereka
b.           Guru meminta salah seorang pesertadidik untuk memimpin doa
c.           Guru mengajak siswa bersyukur karena masih diberi diberi kesehatan serta dapat menikmati indahnya pagi.
d.          Guru memberi motivasi kepada pesertadidik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.


5 Menit
Inti
Mengamatidanmenanya                                                    
a.       Guru mengajak siswa mengamati kartu gambar pada buku siswa.
b.      Guru menyiapkan kartu-kartu gambar kegiatan pagi hari sejak bangun tidur sampai berangkat sekolah.
c.       Guru menyampaikan bahwa setiap anak memiliki kegiatan pagi hari yang berbeda.

Mengidentifikasi
a.       Dari mengamati gambar pada buku siswa dan kartu-kartu gambar dari guru, maka siswa dapat mengidentifikasi kegiatan pagi hari.
b.      Guru meminta siswa mengurutkan gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar tersebut sesuai kebiasaan masing-masing.

Menalar

a.         Selanjutnya siswa menjawab pertanyaan tentang” Kegiatan Pagi Hari sebelum berangkat sekolah hingga berangkat sekolah”.
b.         Guru membimbing siswa untuk melakukan tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.

Mengkomunikasikan
c.         Siswa diminta untuk mengurutkan gambar kegiatan pagi hari”
d.        Siswadimintauntukmenunjukanhasilurutan kegiatan pagi hari.


140 menit
Penutup
a.         Guru menyimpulkan pelajaran hari ini dan mengapresiasi hasil kegiatan siswa serta mengingatkan mereka untuk melakukan kebiasaan pagi hari dengan percaya diri.
b.         Guru menutup pelajaran dan diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.

5
Menit


3.        Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.         Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.
b.         Guru menanyakan pada siswa apa gunanya gigi?
c.         Guru mengajak siswa bersyukur karena memilgi yang sehat.

5 Menit
Inti
Mengamatidanmenanya                                                    
a.         Guru mengajak siswa mengamati urutan bilangan yang tertera pada gambar.
b.         Guru membimbing siswa membilang 1 - 4.
c.         Siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru tentang gosok gigi.

Mengidentifikasi
a.         Dari mengamati gambar pada buku siswa dan kartu-kartu gambar dari guru, maka siswa dapat mengidentifikasi urutan menggosok gigi.
b.         Guru meminta siswa mengurutkan gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar tersebut sesuai dengan urutannya.

Menalar

a.         Selanjutnya siswa menjawab pertanyaan tentang menggosok gigi”.
b.         Guru membimbing siswa untuk melakukan menggosok gigi.

Mengkomunikasikan
a.         Siswa diminta untuk mengurutkan gambar urutan menggosok gigi.
b.         Siswadiminta menunjukkan alat untuk menggosok gigi.
c.         Siswa diminta menunjukkan tapal gigi.

140 menit
Penutup
a.         Guru menyimpulkan pelajaran hari ini dan mengapresiasi hasil kegiatan siswa.
b.         Guru menutup pelajaran dan diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.

5
Menit


F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
a.         Penilaiansikap                  : Observasi
b.        Penilaianpengetahuan      : Tes lisan dan tulis
c.         Penilaianketerampilan      : Unjuk kerja

2.                  Instrumen Penilaian
a.         Penilaiansikap:
No.
Nama
Percaya diri
Santun
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.
Ahmad Faizal Maulana












2.
Faizal Januar Purnomo












3.
Rodiyatul Ghorrok












4.
Wafiq Dewi Rahmawati












5.
Afif












6.














Guru memberikan tanda (V) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa.

2.      Kartu-kartu gambar kegiatan pagi hari sejak bangun tidur sampai berangkat ke sekolah.
a.         Penilaian keterampilan:
1)      Unjuk Kerja menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
Rubrik menyanyikan lagu “Bangun Tidur”

No

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penguasaan lagu
Hafal seluruh syair lagu, irama tepat,
Hafal syair lagu, irama tidak tepat atau sebaliknya
Hafal sebagiaan kecil syair lagu.
Belum mampu menghafalkan syair lagu.

2)      Unjuk kerja mengurutkan gambar dan melakukan kegiatan menggosok gigi.
No
Kriteria
Baik  Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan


4
3
2
1
1.
Ketepatan mengurutkan gambar.
Mengurutkan 4 atau lebih kelompok gambar.
Mengurutkan 4 atau lebih kelompok gambar.
Mengurutkan 2 kelompok gambar.
Belum mampu mengurutkan gambar

Kemampuan menggosok gigi
Menggosok gigi secara urut dan tertib.
Menggosok gigi secara urut tapi tidak teartib atau sebalikny.
Menggosok gigi tidak urut dan tidak tertib.
Belum mampu menggosok gigi.

1.                  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.    Remedial
1)   Guru membahas kembali tentang kegiatan pagi hari untuk siswa yang belum paham.
2)   Guru mengulas kembali tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.
3)   Guru membimbing siswa secara rutin untuk melakukan kegiatan menggosok gigi bersama-sama.
4)   Guru membimbing siswa lebih lanjut yang belum bisa menggosok gigi.

b.   Pengayaan
1)   Guru bimbingan untuk menyalin kata-kata yang sudah ditebalkan.

F.       Media/Alat dan Sumber Belajar
1.    Media                          : Gambar kegiatan pagi hari, kartu kata
2.      Alat                            :    -
3.      Sumber belajar           : Buku Siswa kelas I Tema 3 Sub Tema I (Kegiatan Pagi Hari) 
Pembelajaran 2.

Mengetahui
Plt Kepala SLBN Kendal



MURGIYANTO, S.Pd
NIP 19590903 198405 1 001

Kendal, Januari 2016
Guru Kelas



SUHARDIYANA, S.Pd
NIP 19660930 199403 1 006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021