RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SLB Negeri Kendal
Satuan
Pendidikan : SDLB
Tema/Subtema : Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 3
Kelas/Semester :
I/II
AlokasiWaktu
: 3 hari (15 X 30 menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
PPKn
3.2.Mengetahui
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila”
4.2.Menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkannya dengan
Salah satu simbol sila Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.2.Mengenal
teks petunjuk atau arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
Kesehatan dan kebugaran tubuh, dengan
bantuan guru atuu teman ,dalam bahasa Indo
nesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
.
4.2 Mempraktekkan teks arahan /petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan ke
bugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat di
isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk
membantu penyajian dan pemahaman.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
3.2.1.
Menyebutkan aturan pada pagi hari di rumah
4.2.1.
Melaksanakan aturan pada pagi hari di rumah
Bahasa Indonesia
3.2.1. Memahami huruf vokal
4.2.1. Menebalkan huruf
vokal pada kata-kata sederhana
C.
Materi Pembelajaran
1. Mengamati
gambar suasana pagi hari
Bersih Itu Sehat
Dengarkan bacaan dan tirukan dengan nyaring
bersih itu sehat
Eli ingin sehat
setiap hari Eli makan
Eli mencuci tangan
Eli cuci tangan sebelum makan
6. Membaca dan Menulis /menebalkan kata
C.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pembelajaran
3 hari ke- 1
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
2.
Guru melaksanakan absensi
3.
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.
Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi pada pertemuan
tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari tentang suasana pagi
hari.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru
mengarahkan siswa mengamati gambar langit
di pagi hari
(mengamati)
2.
Guru mengajukan
pertanyaan menggunakan kata tanya mengapa, dimana,siapa,kapan dan dimana. (menanya)
3.
Dengan
bimbingan guru siswa mencoba membuat
dan menjawab pertanyaan sesuai hasil pengamatan (mencoba)
4.
Siswa mengamati
film anak sedang sarapan (mengamati)
5.
Siswa membaca teks tentang “sarapan” (mencoba)
6.
Siswa dan guru
mengadakan tanya jawab tentang isi teks yang dibaca (menanya)
7.
Siswa
mempraktekkan makan (mencoba)
8.
Siswa kemudian menuliskan dan melaporkan hasil kerja kelompok (mengomunikasikan).
|
130 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
2.
Guru menanyakan kepada siswa manfaat makan pagi
(sarapan)
3.
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa
bersyukur atas karunia Tuhan
4.
Guru mengapresiasi sikap santun yang ditunjukkan
dalam kegiatan pembelajaran, sikap percaya diri yang ditunjukkan ketika
bertanya dan menjawab pertanyaan serta kerjasama yang baik dalam mengamati.
5.
Guru mengingatkan siswa untuk menceritakan kembali
kesimpulan dari teks yan dibahasnya di sekolah kepada orang tua serta
membiasakan untuk makan pagi ( sarapan)
6.
Guru mengajak siswa berdoa,mengucap salam lalu
pulang
|
10 menit
|
2. Pembelajara 3 hari ke 2
Pendahuluan
|
1.Guru
mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa
2.Guru
melaksanakan absensi
3.Guru
mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.Guru menyampaikan
indikator pencapaian kompetensi pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari
tentang hidup bersih.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru meminta siswa membaca teks bacaan “bersih itu
sehat [mengamati]
2.
Guru meminta siswa mengamati gambar tentang hidup
bersih (mengamati)
3.
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang hidup bersih hidup sehat (mengamati)
4.
Guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata
apa,mengapa,bagaiaman(
menanya)
5.
Siswa memperhatikan film langkah-langkah mencuci
tangan (mengamati)
6.
Siswa mempraktekkan mencuci tangan [mencob
7.
Siswa
menuliskan kegiatan dan
menceritakan pada keluarganya (mengkomunikasikan).
|
130 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
2.
Guru menanyakan kepada siswa manfaat kegiatan
hidup sehat
3.
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa
bersyukur atas nikmat kesehatan.
4.
Guru mengapresiasi sikap bertanggungjawab dan
terampil yang ditunjukkan siswa dalam
mencuci tangan
5.
Guru mengingatkan siswa untuk menceritakan kegiatannya hari ini di sekolah kepada
orang tua.
6.
Guru dan siswa berdoa,salam dan pulang
|
10 menit
|
3.
Pembelajaran 3 hari ke 3
Pendahuluan
|
1.Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk
berdoa
2.Guru melaksanakan absensi
3.Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.Guru menyampaikan indikator pencapaian
kompetensi pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan di
dipelajari huruf dan kata
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru membacakan teks bacaan siswa mendengarkan
(mengamati)
2. Guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya
Mengapa, dimana, siapa,
bagaimana dan apa (menanya)
3. Siswa membaca huruf dan kata dengan bimbingan guru
(mencoba)
4. Siswa menebalkan huruf dan kata atau menulis (mencoba)
5. Siswa meneritakan hasil kegiatan pada keluarganya.
(mengkomunikasikan)
|
130 menit
|
Penutup
|
1.Guru
menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa
kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini
dan apa yang sis
wa rasakan?
2.Guru menanyakan kepada siswa manfaat
kegiatan hidup
sehat
3.Guru
menyampaikan pesan moral agar senantiasa bersyukur
Atas
nikmat kesehatan.
4.Guru
mengapresiasi sikap bertanggungjawab dan terampil
yang ditunjukkan siswa dalam membaca dan menulis
5.Guru
mengingatkan siswa untuk menceritakan
kegiatannya
hari
ini di sekolah kepada orang tua.
6..Guru
dan siswa berdoa,salam dan pulang
|
|
D. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
sikap :
Observasi
b.
Penilaian
pengetahuan : Tes lisan dan tertulis
c.
Penilaian
keterampilan : Unjuk kerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian sikap:
No.
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Santun
|
Bekerjasama
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ahmad
Faizal Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Faizal
Januar Purnomo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Rodiyatul
Ghorrok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Wafiq
Dewi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Afif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
4 sangat baik, 3 baik, 2 cukup, 1 perlu bimbingan
b.
Penilaian
pengetahuan:
1.
Bagaimana udara di pagi hari?
2.
Sebutkan
benda yang menyinari bumi?
3.
Bagaiamana
keadaan langit di waktu pagi hari?
4.
Apa
yang harus kita lakukan terhadap semua karunia Tuhan?
5.
Makanan
yang bagaimanakah yang sebaiknya kita makan?
6.
Apa
kata lain makan pagi?
7.
Mengapa
kita harus menjaga kebersihan?
8.
Apa
yang harus kita lakukan sebelum makan?
9.
Menggunakan
apakah dalam mencuci tangan?
10.
Menggunakan
apakah dalam mengeringkan tangan?
c.
Penilaian Keterampilan:
Mengamati
gambar dan membaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan mengamati gambar
|
Siswa mampu menjawab
5 pertanyaan sesuai gambar yang
diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu menjawab
4 pertanyaan sesuai gambar yang
diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu menjawab 3 pertanyaan sesuai gambar yang diamati
dengan benar tanpa bimbingan guru
|
Siswa hanya mampu menjawab kurang dari 3 buah pertanyaan sesuai gambar
yang diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
|
2.
|
Kemampuan
membaca isi teks
|
Siswa
mampu membaca teks dengan benar tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu membaca
teks dengan diarahkan guru
|
Siswa mampu membaca
teks tapi belum sempurna
|
Siswa belum mampu
membaca tek yang disuruh guru
|
Unjuk Kerja bermain peran dan
menebalkan tulisan
Rubrik bermain peran makan dengan tertib dan menebalkan tulisan
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan 1
|
1.
|
Ketertiban
dalam makan
|
Melakukan 4 tahapan
secara tertib
|
Melakukan 3 tahapan
secara tertib
|
Melakukan
2 tahapan secara tertib
|
Melakukan
1 tahapan
|
2
|
Menebalkan
tulisan
|
Menebalkan 5 baris atau dengan rapi
|
Menebalkan 4 baris dengan rapi
|
Menebalkan 3 baris dengan rapi
|
Menebalkan kurang dari 2 baris
|
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1)
Guru membahas kembali materi tentang kegiatan pagi hari
2)
Guru mengulas kembali tentang sarapan, hidup sehat dan mencuci tangan secara
Baik dan benar
3)
Guru membimbing siswa secara rutin bagi
siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada
proses pembelajaran.
4)
Guru membimbing siswa lebih lanjut yang
kurang didalam menjawab pertanyaan.
b.
Pengayaan
1)
Guru memberikan soal-soal tentang
kegiatan pagi hari
2)
Guru memberi pertanyaan tentang
pentingnya hidup sehat
3) Guru
membimbing siswa membiasakan diri melaksanakan aturan
di lingkungan keluarga.
4) Guru
menugaskan ke setiap siswa
untuk membaca dan menulis.
E.
Media/Alat dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar keadaan pagi hari ,
gambar /film anak sedang sarapan,film
Langkah-langkah
mencuci tangan,kartu huruf dan kata
2.
Alat : Peralatan makan,peralatan mencuci tangan
3.
Sumber
belajar : Buku Siswa dan buku guru
kelas 1 SDLB tema 3
Mengetahui Kendal, Januari 2016
Plt Kepala SLBN Kendal Guru Kelas
MURGIYANTO, S.Pd SUHARDIYANA,
S.Pd
NIP 19590903 198405 1 001 NIP 19660930 199403 1
006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar