Senin, 01 Februari 2016

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SLB Negeri Kendal
Satuan Pendidikan     : SDLB
Tema/Subtema           : Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran             : 3
Kelas/Semester           : I/II
AlokasiWaktu             : 3 hari (15 X 30 menit)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
PPKn
3.2.Mengetahui simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila”
4.2.Menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan 
      Salah satu simbol sila Pancasila.   
Bahasa Indonesia
3.2.Mengenal teks petunjuk atau arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
      Kesehatan dan kebugaran tubuh, dengan bantuan guru atuu teman ,dalam bahasa Indo
      nesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu      pemahaman .
4.2 Mempraktekkan teks arahan /petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan  dan ke
      bugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di
      isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian dan pemahaman.


C. Indikator Pencapaian Kompetensi
        PPKn
       3.2.1.  Menyebutkan aturan pada pagi hari di rumah
       4.2.1.  Melaksanakan aturan pada pagi hari di rumah
 Bahasa Indonesia
3.2.1.  Memahami huruf vokal
4.2.1.  Menebalkan huruf vokal pada kata-kata sederhana
C.    Materi Pembelajaran
1.      Mengamati gambar suasana pagi hari


                                Bersih Itu Sehat
       Dengarkan bacaan dan tirukan dengan nyaring
bersih itu sehat
Eli ingin sehat
setiap hari Eli makan
Eli mencuci tangan  
                                    Eli cuci tangan sebelum makan
  
    6. Membaca dan Menulis /menebalkan kata


C.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pembelajaran 3 hari ke- 1

Pendahuluan
1.       Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
2.       Guru melaksanakan absensi
3.       Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.       Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari tentang suasana pagi hari.
10 menit
Kegiatan Inti
1.       Guru mengarahkan  siswa mengamati gambar  langit di pagi hari  (mengamati)
2.       Guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya mengapa, dimana,siapa,kapan dan dimana. (menanya)
3.       Dengan bimbingan guru siswa mencoba membuat  dan menjawab pertanyaan sesuai hasil pengamatan (mencoba)
4.       Siswa mengamati film anak sedang sarapan (mengamati)
5.       Siswa membaca teks tentang “sarapan” (mencoba)
6.       Siswa dan guru mengadakan tanya  jawab tentang isi teks yang dibaca (menanya)
7.       Siswa mempraktekkan makan (mencoba)
8.       Siswa kemudian menuliskan dan melaporkan hasil kerja kelompok (mengomunikasikan).

130 menit
Penutup
1.      Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
2.      Guru menanyakan kepada siswa manfaat makan pagi (sarapan)
3.      Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa bersyukur atas karunia Tuhan
4.      Guru mengapresiasi sikap santun yang ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran, sikap percaya diri yang ditunjukkan ketika bertanya dan menjawab pertanyaan serta kerjasama yang baik dalam mengamati.
5.      Guru mengingatkan siswa untuk menceritakan kembali kesimpulan dari teks yan dibahasnya di sekolah kepada orang tua serta membiasakan untuk makan pagi ( sarapan)
6.      Guru mengajak siswa berdoa,mengucap salam lalu pulang

10 menit

2.      Pembelajara 3 hari ke 2
Pendahuluan
1.Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa
2.Guru melaksanakan absensi
3.Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi pada   pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari tentang hidup bersih.
10 menit
Kegiatan Inti
1.        Guru meminta siswa membaca teks bacaan “bersih itu sehat [mengamati]
2.        Guru meminta siswa mengamati gambar tentang hidup bersih (mengamati)
3.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hidup bersih hidup sehat (mengamati)
4.        Guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata apa,mengapa,bagaiaman( menanya)
5.        Siswa memperhatikan film langkah-langkah mencuci tangan (mengamati)
6.        Siswa mempraktekkan mencuci tangan [mencob
7.        Siswa menuliskan kegiatan  dan menceritakan pada keluarganya (mengkomunikasikan).
130 menit
Penutup
1.       Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
2.       Guru menanyakan kepada siswa manfaat kegiatan hidup sehat
3.       Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa bersyukur atas nikmat kesehatan.
4.       Guru mengapresiasi sikap bertanggungjawab dan terampil yang ditunjukkan siswa dalam  mencuci tangan
5.       Guru mengingatkan siswa untuk menceritakan  kegiatannya hari ini di sekolah kepada orang tua.
6.       Guru dan siswa berdoa,salam  dan pulang
10 menit

     3. Pembelajaran 3 hari ke 3

Pendahuluan
1.Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa
2.Guru melaksanakan absensi
3.Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
4.Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi pada
    pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan di
    dipelajari huruf dan kata

10 menit
Kegiatan Inti
1. Guru membacakan teks bacaan siswa mendengarkan    
    (mengamati)
2. Guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya
    Mengapa, dimana, siapa, bagaimana dan apa (menanya)
3. Siswa membaca huruf dan kata dengan bimbingan guru
    (mencoba)
4. Siswa menebalkan huruf dan kata atau menulis (mencoba)
5. Siswa meneritakan hasil kegiatan pada keluarganya.
    (mengkomunikasikan)
130 menit
Penutup
1.Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa
    kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang  sis
    wa rasakan?
 2.Guru menanyakan kepada siswa manfaat kegiatan hidup
    sehat
3.Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa bersyukur
    Atas  nikmat kesehatan.
4.Guru mengapresiasi sikap bertanggungjawab dan terampil
    yang ditunjukkan siswa dalam  membaca dan menulis
5.Guru mengingatkan siswa untuk menceritakan  kegiatannya
    hari       ini di sekolah kepada orang tua.
6..Guru dan siswa berdoa,salam  dan pulang


D.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.                  Teknik Penilaian
a.         Penilaian sikap                 : Observasi
b.        Penilaian pengetahuan     : Tes lisan dan tertulis
c.         Penilaian keterampilan     : Unjuk kerja

2.                  Instrumen Penilaian
a.         Penilaian sikap:
No.
Nama
Percaya diri
Santun
Bekerjasama
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Ahmad Faizal Maulana












2.
Faizal Januar Purnomo












3.
Rodiyatul Ghorrok












4.
Wafiq Dewi Rahmawati












5.
Afif













Ket: 4 sangat baik, 3 baik, 2 cukup, 1 perlu bimbingan
b.        Penilaian pengetahuan:
1.             Bagaimana  udara di pagi hari?
2.             Sebutkan benda yang menyinari bumi?
3.             Bagaiamana keadaan langit di waktu pagi hari?
4.             Apa yang harus kita lakukan terhadap semua karunia Tuhan?
5.             Makanan yang bagaimanakah yang sebaiknya kita makan?
6.             Apa kata lain makan pagi?
7.             Mengapa kita harus menjaga kebersihan?
8.             Apa yang harus kita lakukan sebelum makan?
9.             Menggunakan apakah dalam mencuci tangan?
10.         Menggunakan apakah dalam mengeringkan tangan?

c.         Penilaian  Keterampilan:
Mengamati gambar dan membaca


No

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan  mengamati gambar
Siswa mampu menjawab 5  pertanyaan sesuai gambar yang diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
Siswa mampu menjawab 4  pertanyaan sesuai gambar yang diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
 Siswa mampu menjawab  3 pertanyaan sesuai gambar yang diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
 Siswa hanya mampu menjawab  kurang dari 3 buah pertanyaan sesuai gambar yang diamati dengan benar tanpa bimbingan guru
2.
Kemampuan membaca  isi teks
Siswa mampu membaca teks dengan benar tanpa bimbingan guru
Siswa mampu membaca teks dengan diarahkan guru
Siswa mampu membaca teks tapi belum sempurna
Siswa belum mampu membaca tek yang disuruh guru






   Unjuk Kerja bermain peran dan menebalkan tulisan
     Rubrik bermain peran makan dengan tertib dan menebalkan tulisan
No
Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan     1
1.
Ketertiban dalam makan
Melakukan 4 tahapan secara tertib

Melakukan 3 tahapan secara tertib

Melakukan 2 tahapan secara tertib
Melakukan 1 tahapan
2
Menebalkan tulisan
Menebalkan  5 baris atau dengan rapi
Menebalkan  4 baris dengan rapi
Menebalkan  3 baris dengan rapi
Menebalkan  kurang dari 2 baris

3.                  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Remedial
1)   Guru membahas kembali materi tentang kegiatan pagi hari
2)   Guru mengulas kembali tentang sarapan, hidup sehat dan mencuci tangan secara
Baik dan benar
3)   Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran.
4)   Guru membimbing siswa lebih lanjut yang kurang didalam menjawab pertanyaan.
b.   Pengayaan
1)   Guru memberikan soal-soal tentang kegiatan pagi hari
2)   Guru memberi pertanyaan tentang pentingnya hidup sehat
3)    Guru membimbing siswa membiasakan diri melaksanakan aturan
 di lingkungan keluarga.
4)   Guru menugaskan ke setiap siswa untuk membaca dan menulis.
E.     Media/Alat dan Sumber Belajar
1.    Media              : Gambar keadaan pagi hari , gambar /film anak sedang sarapan,film 
                         Langkah-langkah mencuci tangan,kartu huruf dan kata
2.    Alat                 :  Peralatan makan,peralatan mencuci tangan
3.      Sumber belajar           : Buku Siswa dan buku guru  kelas 1 SDLB tema 3


Mengetahui                                                     Kendal,   Januari 2016
Plt Kepala SLBN Kendal                                           Guru Kelas


MURGIYANTO, S.Pd                                   SUHARDIYANA, S.Pd
NIP 19590903 198405 1 001                         NIP 19660930 199403 1 006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021