Rasionalisasikan mengapa Anak Tuna Daksa
membutuhkan pembinaan:
a)
Komunikasi
b)
Mobilisasi
c)
Sosial
d)
ADL
e)
Psikologi
f)
Pendidikan
g) Kebutuhan
kekaryaan.
Berikan contoh pembinaannya sesuai yang anda
terapkan di sekolah .
Jawab :
a).Komunikasi.
Dalam kehidupan sehari-hari
anak tuna daksa selalu diajak berkomunikasi
supaya tahu kemauan anak dan
perkembangan anak . Dengan diajak berkomunikasi anaka akan merasa senang lebih dekat lebih baika
agar anak merasa diperhatikan. Anak diberi motivasi supaya anak rajin belajar ,
rajin membantu orang tua ,taat beribadah dalam bergaul anak selalu diberi
contoh contoh yang baik agar anak dapat meniru dan dapat melaksanakan tugas
dengan baik dan benar .
b).Mobilitas
Untuk latihan mobilitas harus
disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bila anak tidak dapat berjalan atau
kesulitan dalam berjalan dilatih dengan berjalan dilakukan secara terus menerus
atau dilatih dengan menggunakan kursi roda, agar anak dapat pindah tempat
sendiri tidak tergantung pada orang lain.
c). Sosial.
Anak tuna daksa sejak kecil harus
dilatih dan diberi contoh untuk suka memberi sesuatu ,baik berupa makanan
tenaga atau uang. Contohnya bila mempunyai makanan anak yang lain diberi walaupun
hanya sebagian kecil untuk membiasakan anak supaya mau memberi kepada teman
maupun saudara yang ada di sekitarnya.
d). ADL
bagi anak tuna daksa sangat diperlukan agar mereka
dapat hidup mandiri dan
percaya diri dikehidupannya. Kemampuan diri yang
dimiliki anak akan dapat
membantu mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
e). Pembinaan psikologi.
Pembinaan bagi anak tuna daksa
berguna bagi mereka sehingga emosional dan
kemampuan mereka meningkat
sesuai dengan keadaan diri
dan mampu
meningkatkan pribadi mereka.
Dengan kata laian keedaan emosi mereka dapat
stabil dan tidak
mengalami gangguan.
f).
Pendidikan untuk anak tuna daksa diawali sejak kecil sampai meninggal dunia.
Pendidikan ditanamkan dari keluarga , masyarakat dan sekolah. Dari keluarga
sudah diajarkan sopan santun , tolong menolong, saling menghormati , saling
menghargai. Secara akademik sudah diajarkan membaca menulis, berbicara ,
bercerita dan diberi contoh dari orang tua agar agar anak lebih mudah menerima
kegiatan dari sekolah dan diulang dirumah agar ada kesinambungan dalam belajar
dengan dibimbing dari orang tua.
g). Kebutuhan kekaryaan.
Kebutuhan kekaryaan anak tuna daksa perlu
dilakukan pada anak tuna daksa agar
mereka dapat memiliki kemampuan melakukan
pekerjaan tertentu atau keahlian
tertentu untuk dimasa mendatang dapat bermanfaat
bagi kehidupan, serta dapat
memperoleh penghasilan / pendapatan bagi mereka
untuk hidupyang layak di
tengah masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar