Senin, 01 Februari 2016

RPP

Berikut ini Contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SLB Negeri Kendal
Satuan Pendidikan     : SDLB
Tema/Subtema           : 3 Kegiatanku/Kegiatan Siang Hari
Pembelajaran             : 2
Kelas/Semester           : I/II
AlokasiWaktu             : 3 hari (6 X 30 menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalm tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman  dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
PJOK
3.1  mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan , dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1  Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk     permainan sederhana dan atau tradisional.

Matematika
3.5  Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekololah, atau tempat bermain.
4.3 Membentuk pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar / benda konkrit. 
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
1.1.1 menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak sesuai kemampuannya   sebagai anugerah Tuhan.
2.1.1 berperilaku sportif dalam bermain sesuai dengan kemampuannya
3.1.1 memahami gerak dasar berjalan zig-zag
4.1.1 melakukan gerak dasar berjalan zig-zag

    Matematika
1.1.1        menerima dan menjalankan ajaran aagam yang dianutnya.
2.2.1    menunjukkan sikap cermat dan teliti dan terteb dan mengikuti aturan peduli,   disiplin waktu serta tidak mudah menyerah .
3. 5.1   Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang  ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain.
            4.3.1   memasangkan gambar benda sesuai dengan bangun ruang.

D.    Materi Ajar
Mengenal bangun datar.

E.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Hari ke 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
·         Guru mengajak siswa untuk berdoa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·         Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak semua siswa bernyayi lagu “ 1234”
Menit
Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan bahwa ada pagi, siang dan malam.
·         Siswa menyimak penjelasan guru.
·         Guru mengajak siswa menuju halaman sekolah
·         Guru bertanya pada siswa tentang kesehatan siswa
·         Siswa menjawab pertanyaan guru sesuai dengan kondisinya
·         Guru berpesan pada siswa agar tidak lupa untuk berolah raga karena berguna untuk kesehatan badan.
·         Guru mengajak siswa bermain bola.
·         Guru menyuruh siswa menggambar bola di tanah.
 Menit
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan / merangkum materi pelajaran di sampaikan
·         Guru memberikan umpan balik
·         Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
Menit
Hari ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Guru mengajak siswa untuk berdoa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·         Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa semangat dengan menyanyikan lagu “Naik Kereta Api”
Menit
Kegiatan Inti
·         Guru dan siswa menuju halaman sekolah.
·         Guru mengajak siswa melakukan gerakan jalan lurus, serong sesuai dengan contoh yang diberikan guru.
·         Siswa melakukan gerakan sesuai lintasan yang telah diberikan guru.
·         Siswa melakukan gerakan yang bervariasi dengan tangan direntangkan, tangan dipinggang, zig-zag, dan gerakan melompat.
 Menit
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan / merangkum materi pelajaran yang di sampaikan
·         Guru memberikan umpan balik
·         Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
Menit

Hari ke 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·         Guru mengajak siswa untuk berdoa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·         Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa semangat dengan menyanyikan lagu “Balonku“
 Menit
Kegiatan Inti
·         Guru bertanya pada siswa tentang pelajaran yang telah dibahas.
·         Guru mengajak siswa menuju halaman sekolah.
·         Guru bertanya pada siswa tentang benda-benda yang telah siswa temukan disekitar halaman.
·         Siswa mengambil dan mengelompokkan benda-benda yang ditemukan.
 Menit
Siswa Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan / merangkum materi pelajaran yang di sampaikan
·         Guru memberikan umpan balik
·         Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
 Menit

F.      Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.

1.      Teknik Penilaian      : Tes
2.      Instrumen                 :
a.       Pertemuan ke 1
b.      Pertemuan ke 2
c.       Pertemuan ke 3
3.      Pembelajaran remedial dan pengayaan pembelajaran remedial dilakukan segera
setelah dilakukan penilaian


G.    Media / Alat , Bahan dan Sumber Belajar

Sumber Belajar            : Buku Tematik SDLB Kelas I
Media                          : Lingkungan sekolah., benda yang ada dihalaman sekolah.

            Teknik penilaian
1. Penilaian sikap
No.
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
bt
mt
mb
sm
bt
mt
mb
sm
bt
Mt
mb
sm
1
Ahmad Faizal Maulana












2
Faizal Januar Purnomo












3
Rodiyatul Ghorrok












4
Wafiq Dewi Rahmawati












5
Afif












6














Keterangan:
Bt  : belum terlihat
Mt: mlai terlihat
Mb: mulai berkembang
Sm: sudah muncul
            2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen ( soal) , tes lisan
                Jawablah dengan benar!
1.      Olah raga badan jadi ....
2.      Buku, pensil termasuk kelompok alat ....
3.      Benda yang ada dihalaman yaitu....
4.      Rumput, bunga termasuk kelompok ....
5.      Raket, bola termasuk kelompok alat olah ....

               Kunci Jawaban
1.      Sehat
2.      Tulis
3.      Batu, rumput, bunga
4.      Tumbuhan
5.      Raga
6.       
4.      Penilaian ketrampilan
Unjuk kerja berjalan mengikuti alur garis




No.




Nama
Kriteria
Baik
( 3 )
Cukup
( 2 )
Perlu bimbingan
( 1 )
Kemampuan berjalan mengikuti alur
Berjalan mengikuti 3 alur
Berjalan mengikuti 2 alur
Berjalan mengikuti 1 alur
1
Ahmad Faizal Maulana




2
Faizal Januar Purnomo




3
Rodiyatul Ghorrok




4
Wafiq Dewi Rahmawati




5
Afif








Mengetahui                                                     Kendal,   Januari 2016
Plt Kepala SLBN Kendal                                           Guru Kelas


MURGIYANTO, S.Pd                                   SUHARDIYANA, S.Pd
NIP 19590903 198405 1 001                         NIP 19660930 199403 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021