RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SLB Negeri Kendal
Satuan
Pendidikan : SDLB
Tema/Subtema : 3 Kegiatanku/Kegiatan Siang Hari
Pembelajaran : 2
Kelas/Semester :
I/II
AlokasiWaktu
: 3 hari (6 X 30 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalm tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
PJOK
3.1 mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan
, dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1
Mempraktikan
pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah,
ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
Matematika
3.5 Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah,
sekololah, atau tempat bermain.
4.3
Membentuk pola-pola bilangan
sederhana menggunakan gambar-gambar / benda konkrit.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
1.1.1 menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak
sesuai kemampuannya sebagai anugerah
Tuhan.
2.1.1 berperilaku sportif dalam bermain sesuai dengan
kemampuannya
3.1.1 memahami gerak dasar berjalan zig-zag
4.1.1 melakukan gerak dasar berjalan zig-zag
Matematika
1.1.1
menerima
dan menjalankan ajaran aagam yang dianutnya.
2.2.1 menunjukkan sikap cermat
dan teliti dan terteb dan mengikuti aturan peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah .
3. 5.1 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada disekitar rumah,
sekolah atau tempat bermain.
4.3.1 memasangkan gambar benda sesuai dengan
bangun ruang.
D. Materi Ajar
Mengenal
bangun datar.
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Hari ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
·
Guru mengajak siswa untuk berdoa
·
Guru memberi motivasi kepada
siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·
Guru melakukan kegiatan
penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak semua siswa
bernyayi lagu “ 1234”
|
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Guru
menyampaikan bahwa ada pagi, siang dan malam.
·
Siswa
menyimak penjelasan guru.
·
Guru
mengajak siswa menuju halaman sekolah
·
Guru
bertanya pada siswa tentang kesehatan siswa
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru sesuai dengan kondisinya
·
Guru
berpesan pada siswa agar tidak lupa untuk berolah raga karena berguna untuk
kesehatan badan.
·
Guru
mengajak siswa bermain bola.
·
Guru
menyuruh siswa menggambar bola di tanah.
|
Menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama siswa menyimpulkan /
merangkum materi pelajaran di sampaikan
·
Guru memberikan umpan balik
·
Guru mengajak siswa berdoa
sebelum mengakhiri pelajaran
|
Menit
|
Hari ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Guru mengajak siswa untuk berdoa
·
Guru memberi motivasi kepada
siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·
Guru melakukan kegiatan
penyegaran untuk membuat siswa semangat dengan menyanyikan lagu “Naik Kereta
Api”
|
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Guru
dan siswa menuju halaman sekolah.
·
Guru
mengajak siswa melakukan gerakan jalan lurus, serong sesuai dengan contoh
yang diberikan guru.
·
Siswa
melakukan gerakan sesuai lintasan yang telah diberikan guru.
·
Siswa
melakukan gerakan yang bervariasi dengan tangan direntangkan, tangan
dipinggang, zig-zag, dan gerakan melompat.
|
Menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama siswa menyimpulkan /
merangkum materi pelajaran yang di sampaikan
·
Guru memberikan umpan balik
·
Guru mengajak siswa berdoa
sebelum mengakhiri pelajaran
|
Menit
|
Hari ke 3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
·
Guru mengajak siswa untuk berdoa
·
Guru memberi motivasi kepada
siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
·
Guru melakukan kegiatan
penyegaran untuk membuat siswa semangat dengan menyanyikan lagu “Balonku“
|
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Guru
bertanya pada siswa tentang pelajaran yang telah dibahas.
·
Guru
mengajak siswa menuju halaman sekolah.
·
Guru
bertanya pada siswa tentang benda-benda yang telah siswa temukan disekitar
halaman.
·
Siswa
mengambil dan mengelompokkan benda-benda yang ditemukan.
|
Menit
|
Siswa Penutup
|
·
Guru bersama siswa menyimpulkan /
merangkum materi pelajaran yang di sampaikan
·
Guru memberikan umpan balik
·
Guru mengajak siswa berdoa
sebelum mengakhiri pelajaran
|
Menit
|
F. Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.
1.
Teknik Penilaian : Tes
2.
Instrumen :
a.
Pertemuan ke 1
b.
Pertemuan ke 2
c.
Pertemuan ke 3
3.
Pembelajaran remedial dan pengayaan
pembelajaran remedial dilakukan segera
setelah dilakukan penilaian
G. Media / Alat , Bahan dan Sumber
Belajar
Sumber
Belajar : Buku Tematik SDLB
Kelas I
Media : Lingkungan sekolah.,
benda yang ada dihalaman sekolah.
Teknik penilaian
1. Penilaian sikap
No.
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||
bt
|
mt
|
mb
|
sm
|
bt
|
mt
|
mb
|
sm
|
bt
|
Mt
|
mb
|
sm
|
||
1
|
Ahmad
Faizal Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Faizal
Januar Purnomo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Rodiyatul
Ghorrok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Wafiq
Dewi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Afif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Bt : belum terlihat
Mt:
mlai terlihat
Mb:
mulai berkembang
Sm:
sudah muncul
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen ( soal) , tes lisan
Jawablah dengan
benar!
1.
Olah raga badan jadi ....
2.
Buku, pensil termasuk
kelompok alat ....
3.
Benda yang ada dihalaman
yaitu....
4.
Rumput, bunga termasuk
kelompok ....
5.
Raket, bola termasuk
kelompok alat olah ....
Kunci Jawaban
1.
Sehat
2.
Tulis
3.
Batu, rumput, bunga
4.
Tumbuhan
5.
Raga
6.
4.
Penilaian ketrampilan
Unjuk
kerja berjalan mengikuti alur garis
No.
|
Nama
|
Kriteria
|
Baik
(
3 )
|
Cukup
(
2 )
|
Perlu bimbingan
( 1 )
|
Kemampuan berjalan mengikuti alur
|
Berjalan mengikuti 3 alur
|
Berjalan mengikuti 2 alur
|
Berjalan mengikuti 1 alur
|
||
1
|
Ahmad
Faizal Maulana
|
|
|
|
|
2
|
Faizal
Januar Purnomo
|
|
|
|
|
3
|
Rodiyatul
Ghorrok
|
|
|
|
|
4
|
Wafiq
Dewi Rahmawati
|
|
|
|
|
5
|
Afif
|
|
|
|
|
Mengetahui Kendal, Januari 2016
Plt Kepala SLBN Kendal Guru Kelas
MURGIYANTO, S.Pd SUHARDIYANA,
S.Pd
NIP 19590903 198405 1 001 NIP 19660930 199403 1
006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar