Senin, 21 Desember 2015

PENELITIAN



Laporan penelitian adalah laporan yg disusun melalui tahap-tahap berdasar teori tertentu.
Ilmu pengetahuan berawal dari rasa ingin tahu mengenai fenomena yang kita temukan.
Postulat adalah asumsi yg dianggap benar tanpa harus dibuktikan.
Metode ilmiah adalah kebenaran hubungan sebab akibat dijabarkan dari fakta yg diamati dari fenomena yang diteliti.
Obyektif artinya sesuai dengan fakta. Kebenaran ditentukan oleh pengujian secara terbuka yg dilakukan dari pengamatan dan penalaran.
Andal yaitu dapat diuji kembali secara terbuka.(universal)
Dirancang : ilmu pengetahuan dikembangkan menurut rancangan yg menerapkan metode ilmiah.
Akumulatif : ilmu pengetahuan merupakan himpunan fakta , teori, hukum dan aturan yg terkumpul sedikit demi sedikit.
Penelitian bertujuan menciptakan ilmu pengetahuan baru atau menerapkan tehnologi untuk memecahkan suatu masalah.
Ciri penelitian : kontribusi, metode ilmiah, analitis.
Analitis yaitu dijelaskan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel dg metode ilmiah.
Proses penelitian terdiri atas beberapa tahapan :
·         Identifikasi masalah 
Penelitian dimulai dari pertanyaan yg belum dapat dijawab oleh seorang peneliti.
·         Perumusan masalah.
Menyusun berbagai informasi masalah yg mau dijawab atau memadukan pengetahuan menjadi suatu perumusan
·         Penelusuran pustaka.
Penelitian dimulai dengan penelusuran pustakadengan langkah pertama mengumpulkan informasi yg relevan.
·         Rancangan penelitian.
Mengatur sistematika yang akan dilaksanakan dalam penelitian
·         Pengumpulan data.
Data dikumpulkan sesuai rancangan yg ditentukan . data dari hasil pengamatan,percobaan atau pengukuran.
·         Pengolahan data.
Data yg dikumpulkan selanjutnya diklasifikasikan dan diorganisasikan untuk memberikan argumentasi atau penjelasan yg akan diajukan dalam penelitian.
·         Penyimpulan hasil.
Data yg dikumpulkan dan diolah secara sistematis menjadi ikatan sebab akibat obyek penelitian. Setiap kesimpulan dapat diuji kembali validitasnya.

Teori didefinisikan sebagai seperangkat konsep, asumsi, dan generalisasi yg dpt digunakan mengungkap dan menjelaskan satu gejala.
Fungsi teori secara umum :
1)     menjelaskan ( explanation )
2)     meramalkan ( prediction )
3)     pengenmdalian ( control )

fungsi teori dalam kontek penelitian :
1). Memperjelas dan mempertajam ruang lingkup variabel
     yang akan diteliti.
2). Memprediksi dan memandu untuk menemukan fakta
     yg selanjutnya digunakan untuk merumuskan
     hipotesis.
3). Mengontrol, mencandra, membahas hasil penelitian ,
     yg selanjutnya digunakan memberikan saran.
Teori dalam penelitian kualitatif berfungsi untuk memperkuat peneliti sebagai human instrument. Sehingga peneliti mampu mengkonstruksi temuan.
Buku-buku, jurnal-jurnal atau hasil penelitian harus memenuhi kriteria :1.relevansi, 2.kelengkapan, kemutakhiran .
Secara teknis ,hasil penelitian relevan dapat dilihat dari :
-       permasalahan yg diteliti.
-       Waktu penelitian
-       Tempat penelitian
-       Sampel penelitian
-       Metode penelitian
-       Analisis
-       Kesimpulan.
Penelitian kuantitatif disebut juga penelitian empirism research / approach.
Aliran ini memandang :
-       pengetahuan itu obyektif
-       pengetahuan itu dapat digeneralisasi
-       pengetahuan bersifat replicable ( dapat diulang)
Penelitian kualitatif disebut penelitian interpretivisme research /approach.
Aliran ini memandang :
-       pengetahuan mengandung unsure subyektifitas.
-       Pengetahuan itu dapat berubah.
-       Pengetahuan itu dapat digeneralisasikan.

Hasil penelitian.
Dapat berupa teori atau metode proses dalam prototype .
Hasil dapat dikelompokkan : perangkat lunak yaitu informasi dan publikasi ilmiah , serta perangkat keras ( prototype ) . prototype merupakan produk awal penelitian.
Penutup.
Hasil penelitian dipandang sebagai produk atau jasa . hsil penelitian dalam bentuk :
1.     informasi dasar.
2.     publikasi ilmiah.
3.     metode atau prototype
4.     laporan penelitian.
Laporan penyajian produk aka terlihat sebagai kontribusi penelitian bagi perkembanagan ilmu dan pengetahuan.

Perbedaan aksioma metode kuantitatif dengan kualitatif
No aksioma tentang penelitian kuantitatif      kualitatif
1    sifat realitas        tunggal,kongkrit,tera-   Ganda,holistik
                                 Mati                              pemahaman

2. Hub peneliti           Independen                  Interaktif tak
    Dg yg diteliti                                               dpt dipisahkn

3 Kemungkinan ge-   Membuat generali-      Transferability
   Neralisasi               sasi.

4.Hub variabel           Sebab akibat                Timbal balik

5. Peranan nilai        Bebas nilai                    Terkait nilai

 Karakteristik metode kuantitatif dan kualitatif
Metode kuantitatif
Metode kualitatif
  1. Desain
- Spesifik,jelas, rinci
- dirumuskan mantap awal
- menjadi acuan langkah.
  1. tujuan
Menunjukkan hub
Menguji teori
Mencari generalisasi
  1. tehnik penelitian
Eksperimen, survey.
Observasi wawancara

  1. instrumen
tes angket wawancara
instrumen yg baku
  1. data
kuantitatif
Hasil pengukuran
  1. sampel
besar, representatif
sedapat mungkin random
  1. analisis
setelah selesai penelitian
deduktif
menggunakan statistik
  1. hub dg responden
berjarak
jangka pendek
Desain
- umum
- fleksibel
- berkembang dlm penelitia
Tujuan
Memperoleh pemahaman
Menemukan teori
Menggambarkan realitas
Tehnik penelitian
Observasi partisipatif
Wawancara mendalam
Dokumentasi
Instrumen
Peneliti sbg instrumen
Buku cat, tape,kamera
Data
Deskriptif
Dokumen pribadi
Sampel
Kecil kurang representatif
Purposive, snowball
Analisis
Terus menerus
Induktif
Mencari pola / model
Hub dg responden
Empati akrab
Jangka lama
Sebelum melaksanakan penelitian harus menjawab :
  1. urutan kerja.
  2. alat yang digunakan.
  3. bagaimana melaksnakan penelitian tersebut.
Prosedur memberikan urutan kerja yg hars dilakukan.
Metode memandu si peneliti tentang urutan bagaimana penelitian dilakukan.
Metode penelitian oleh Crawford : Eksperimen, sejarah, psikologi, case study, survei,membuat Kurikulum, Analisa pekerjaan, Interview, Questioner, Observasi, Pengukuran, statistik,Tabel dan grafik, tehnik perpustakaan.
Sejak 1914 – 1931 ada 4 buah metode favorit : Eksperimen , sejarah, deskriptif, kuestioner.
Tahun 1931 metode : Sejarah, eksperimen, filsafat, deskriptif.
1932 – 1938 : Eksperimen, sejarah, deskriptif, filsafat.
Pengelompokan penelitian didasarkan :
  1. sifat masalah.
  2. tempat dimana penelitian dilakukan.
  3. waktu jangkauan.
  4. area ilmu pengetahuan.
Metode penelitian dikelompokkan 5 kelompok umum :
  1. motede sejarah.
  2. metode deskripsi / survei
  3. metode eksperimental.
  4. metode grounded research.
  5. metode penelitian tindakan.
Jenis penelitian sejarah :
  1. penelitian sejarah komparatif.
  2. penelitian yurudis atau legal.
  3. penelitian Biografis.
  4. penelitian Bibliografis.

Langkah-langkah penelitian sejarah :
  1. definisikan masalah.
  2. rumuskan tujuan penelitian.
  3. rumuskan hipotesa.
  4. kumpulkan data.
  5. evaluasi data.
  6. interpretasi dan generalisasi.
  7. laporan.
Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia , suatu obyek, suatu set kondisi suatu sistem pemikiran peristiwa masa sekarang.
Tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis.
Jenis deskriptif :
-       metode survei
-       metode deskriptif berkesinambungan
-       penelitian studi kasus
-       penelitian analisa pekerjaan dan aktifitas
-       penelitian tindakan
-       penelitian perpustakaan dan dokumenter.
Langkah meneliti kasus adalah :
-       rumuskan tujuan.
-       Tentukan unit studi ,sifat-sifat serta proses .
-       Tentukan rancangan dan pendekatan.
-       Kumpulan data
-       Organisasi informasi
-       Susun laporan
Langkah umum metode deskriptif :
-       memilih dan merumuskan masalah
-       menentukan tujuan
-       memberikan limitasi
-       pada bidang ilmu yang mempunyai teori.
-       Menelusuri sumber kepustakaan
-       Merumuskan hipotesa
-       Melakukan kerja lapangan
-       Membuat tabulasi serta analisa statistik.
-       Memberikan interpretasi dari hasildlm hub sosial.
-       Memberikan generalisasi serta deduksi.
-       Membuat laporan.
Metode eksperimen adalah observasi dibawah kondisi buatan dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh si peneliti. Jadi penelitian dilakukan dengan manipulasi terhadap obyek serta adanya kontrol.
Tujuan penelitian eksperimental adalah :
untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat dari berapa besar hubungan sebab akibat.
Perbedaan deskriptif dengan eksperimental :
 - ada kontrol                            - tak ada kontrol
 - variabel obyek apa adanya   - si peneliti memanipulasi
 - obyek expost facto                - obyek diatur dahulu
Syarat percobaan yang baik :
-       harus bebas dari bias
-       harus punya ukuran terhadap erorr.
-       Harus punya ketetapan.
-       Harus didefinisikan sejelas-jelasnya.
-       Harus punya jangkauan yang cukup

Penelitian adalah suatu proses mencari sesuatu secara sistematik dalam waktu yang lama dengan menggunakan metode ilmiah erta aturan-aturan yg berlaku.
Desain penelitian adalah proses yg diperlukan dalam perencanaan dan penelitian.
Proses desain penelitian :
-       identifikasi dan pemilihan masalah.
-       Pemilihan konseptual untuk masalah serta hub.
-       Memformulasikan masalah penelitian / spesifikasi
-       Membangun penyelidikan / percobaan.
-       Memilih dan memberi definisi pengukuran.
-       Memilih prosedur dan tehnik sampling.
-       Menyusun alat serta tehnik mengumpulkan data
-       Membuat coding
-       Menganalisa data.
-       Pelaporan hasil penelitian.

Desain pelaksanaan penelitian oleh Suchman 1967 :
-       desain sampel
-       desain alat
-       desain administrasi
-       desai analisa
desain sampel : mendefinisikan populasi, menentukan besar sampel, menentukan sampel yg representatif,
desain dari instrumen / alat  : untuk mengiumpulkan data.
Desain analisa dikerjakan sblm mengumpulkan data.
Jenis desain ( SHAH 1972 ) :
  1. untuk penelitian yg ada kontrol.
  2. Untuk studi deskriptif dan analisis.
  3. Untuk studi lapangan atau bukan.
  4. Untuk studi dimensi waktu.
  5. Untuk evaluatif nonevaluatif.
  6. Menggunakan data primer atau sekunder. 
Ad 1. desain percobaan / bukan percobaan.
Ad 2. studi untuk menemukan fakta.
Ad 3. untuk penelitian sejarah.
Ad 4. untuk satu interval waktu .
Ad 5. penentuan hasil.
Ad 6. memperoleh data yg relevan.
Tehnik pengumpulan data :
Ø  Dokumentasi.
Ø  Observasi.
Ø  Interview.
Ø  Home visit.
Ø  Angket.
Dokumentasi     : contoh raport ,data pribadi.
                          Foto, chart, denah
                          Foto langsung
Observasi : datang mengamati langsung,cari data la’sung.
Interview : per ?an  langsung disampaikan pd responden.
Responden : individu yg dijadikan obyek.
Interview tak langsung ( guide ) : pertanyaan sdh disiapkn
Home visit : tehnik pengumpulan data ttg tempat tinggal.
Angket : informasi yg dbutuhkn disusun dlm per?an urut.
Tehnik analisa data : deskriptif ( diuraikan )
komparatif ( dibandingkan sebelum dg sesudah )

analisa data : kualitatif : sedang , baik , baik sekali ,
                       kuantitatif : angka 6,7,8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021