Laporan penelitian
adalah
laporan yg disusun melalui tahap-tahap berdasar teori tertentu.
Ilmu
pengetahuan berawal dari rasa ingin tahu mengenai fenomena yang kita temukan.
Postulat adalah asumsi yg
dianggap benar tanpa harus dibuktikan.
Metode ilmiah adalah
kebenaran hubungan sebab akibat dijabarkan dari fakta yg diamati dari fenomena
yang diteliti.
Obyektif artinya sesuai dengan fakta.
Kebenaran ditentukan oleh pengujian secara terbuka yg dilakukan dari pengamatan
dan penalaran.
Andal yaitu dapat diuji kembali secara
terbuka.(universal)
Dirancang : ilmu pengetahuan dikembangkan
menurut rancangan yg menerapkan metode ilmiah.
Akumulatif : ilmu pengetahuan merupakan himpunan
fakta , teori, hukum dan aturan yg terkumpul sedikit demi sedikit.
Penelitian bertujuan menciptakan ilmu pengetahuan baru atau menerapkan tehnologi untuk
memecahkan suatu masalah.
Ciri penelitian : kontribusi, metode ilmiah, analitis.
Analitis yaitu dijelaskan hubungan sebab akibat
antara variabel-variabel dg metode ilmiah.
Proses penelitian terdiri atas beberapa tahapan :
·
Identifikasi masalah
Penelitian dimulai dari pertanyaan yg belum dapat dijawab
oleh seorang peneliti.
·
Perumusan masalah.
Menyusun berbagai informasi masalah yg mau dijawab atau
memadukan pengetahuan menjadi suatu perumusan
·
Penelusuran pustaka.
Penelitian dimulai dengan penelusuran pustakadengan
langkah pertama mengumpulkan informasi yg relevan.
·
Rancangan penelitian.
Mengatur sistematika yang akan dilaksanakan dalam
penelitian
·
Pengumpulan data.
Data dikumpulkan sesuai rancangan yg ditentukan . data
dari hasil pengamatan,percobaan atau pengukuran.
·
Pengolahan data.
Data yg dikumpulkan selanjutnya diklasifikasikan dan
diorganisasikan untuk memberikan argumentasi atau penjelasan yg akan diajukan
dalam penelitian.
·
Penyimpulan hasil.
Data yg dikumpulkan dan diolah secara sistematis menjadi
ikatan sebab akibat obyek penelitian. Setiap kesimpulan dapat diuji kembali
validitasnya.
Teori didefinisikan sebagai seperangkat
konsep, asumsi, dan generalisasi yg dpt digunakan mengungkap dan menjelaskan
satu gejala.
Fungsi teori secara umum :
1)
menjelaskan (
explanation )
2) meramalkan ( prediction )
3) pengenmdalian ( control )
fungsi teori dalam kontek penelitian :
1). Memperjelas dan mempertajam ruang lingkup variabel
yang akan diteliti.
2). Memprediksi dan memandu untuk menemukan fakta
yg selanjutnya
digunakan untuk merumuskan
hipotesis.
3). Mengontrol, mencandra, membahas hasil penelitian ,
yg selanjutnya
digunakan memberikan saran.
Teori dalam penelitian kualitatif berfungsi untuk memperkuat peneliti sebagai human instrument. Sehingga peneliti mampu
mengkonstruksi temuan.
Buku-buku, jurnal-jurnal atau hasil penelitian harus memenuhi
kriteria :1.relevansi, 2.kelengkapan, kemutakhiran .
Secara teknis ,hasil penelitian relevan dapat dilihat dari :
-
permasalahan yg
diteliti.
-
Waktu penelitian
-
Tempat penelitian
-
Sampel penelitian
-
Metode penelitian
-
Analisis
-
Kesimpulan.
Penelitian
kuantitatif disebut juga penelitian empirism research
/ approach.
Aliran
ini memandang :
-
pengetahuan itu obyektif
-
pengetahuan itu dapat digeneralisasi
-
pengetahuan bersifat replicable ( dapat
diulang)
Penelitian
kualitatif disebut penelitian interpretivisme research /approach.
Aliran
ini memandang :
-
pengetahuan mengandung unsure subyektifitas.
-
Pengetahuan itu dapat berubah.
-
Pengetahuan itu dapat digeneralisasikan.
Hasil
penelitian.
Dapat
berupa teori atau metode proses dalam prototype .
Hasil
dapat dikelompokkan : perangkat lunak yaitu informasi dan publikasi ilmiah ,
serta perangkat keras ( prototype ) . prototype merupakan produk awal
penelitian.
Penutup.
Hasil
penelitian dipandang sebagai produk atau jasa . hsil penelitian dalam bentuk :
1. informasi
dasar.
2. publikasi
ilmiah.
3. metode
atau prototype
4. laporan
penelitian.
Laporan penyajian produk aka terlihat sebagai kontribusi
penelitian bagi perkembanagan ilmu dan pengetahuan.
Perbedaan aksioma metode kuantitatif dengan kualitatif
No aksioma tentang penelitian kuantitatif kualitatif
1 sifat
realitas
tunggal,kongkrit,tera-
Ganda,holistik
Mati pemahaman
2. Hub peneliti Independen Interaktif tak
Dg yg diteliti
dpt dipisahkn
3 Kemungkinan ge-
Membuat generali-
Transferability
Neralisasi sasi.
4.Hub variabel
Sebab akibat Timbal
balik
5. Peranan nilai
Bebas nilai
Terkait nilai
Karakteristik
metode kuantitatif dan kualitatif
Metode kuantitatif
|
Metode kualitatif
|
- Spesifik,jelas, rinci
- dirumuskan mantap awal
- menjadi acuan langkah.
Menunjukkan hub
Menguji teori
Mencari generalisasi
Eksperimen, survey.
Observasi wawancara
tes angket wawancara
instrumen yg baku
kuantitatif
Hasil pengukuran
besar, representatif
sedapat mungkin random
setelah selesai penelitian
deduktif
menggunakan statistik
berjarak
jangka
pendek
|
Desain
- umum
- fleksibel
- berkembang dlm penelitia
Tujuan
Memperoleh pemahaman
Menemukan teori
Menggambarkan realitas
Tehnik penelitian
Observasi partisipatif
Wawancara mendalam
Dokumentasi
Instrumen
Peneliti sbg instrumen
Buku cat, tape,kamera
Data
Deskriptif
Dokumen pribadi
Sampel
Kecil kurang representatif
Purposive, snowball
Analisis
Terus menerus
Induktif
Mencari pola / model
Hub dg responden
Empati akrab
Jangka lama
|
Sebelum melaksanakan penelitian harus menjawab :
- urutan kerja.
- alat yang digunakan.
- bagaimana melaksnakan penelitian tersebut.
Prosedur memberikan urutan kerja yg hars dilakukan.
Metode memandu si peneliti tentang urutan bagaimana
penelitian dilakukan.
Metode penelitian oleh Crawford : Eksperimen, sejarah, psikologi, case study,
survei,membuat Kurikulum, Analisa pekerjaan, Interview, Questioner, Observasi,
Pengukuran, statistik,Tabel dan grafik, tehnik perpustakaan.
Sejak 1914 – 1931 ada 4 buah metode favorit : Eksperimen
, sejarah, deskriptif, kuestioner.
Tahun 1931 metode : Sejarah, eksperimen, filsafat,
deskriptif.
1932 – 1938 : Eksperimen, sejarah, deskriptif, filsafat.
Pengelompokan penelitian didasarkan :
- sifat masalah.
- tempat dimana penelitian dilakukan.
- waktu jangkauan.
- area ilmu pengetahuan.
Metode penelitian dikelompokkan 5 kelompok umum :
- motede sejarah.
- metode deskripsi / survei
- metode eksperimental.
- metode grounded research.
- metode penelitian tindakan.
Jenis penelitian sejarah :
- penelitian sejarah komparatif.
- penelitian yurudis atau legal.
- penelitian Biografis.
- penelitian Bibliografis.
Langkah-langkah penelitian sejarah :
- definisikan masalah.
- rumuskan tujuan penelitian.
- rumuskan hipotesa.
- kumpulkan data.
- evaluasi data.
- interpretasi dan generalisasi.
- laporan.
Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti
status kelompok manusia , suatu obyek, suatu set kondisi suatu sistem pemikiran
peristiwa masa sekarang.
Tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara
sistematis.
Jenis deskriptif :
-
metode survei
-
metode deskriptif
berkesinambungan
-
penelitian studi kasus
-
penelitian analisa
pekerjaan dan aktifitas
-
penelitian tindakan
-
penelitian perpustakaan
dan dokumenter.
Langkah meneliti kasus adalah :
-
rumuskan tujuan.
-
Tentukan unit studi
,sifat-sifat serta proses .
-
Tentukan rancangan dan
pendekatan.
-
Kumpulan data
-
Organisasi informasi
-
Susun laporan
Langkah umum metode deskriptif :
-
memilih dan merumuskan
masalah
-
menentukan tujuan
-
memberikan limitasi
-
pada bidang ilmu yang
mempunyai teori.
-
Menelusuri sumber
kepustakaan
-
Merumuskan hipotesa
-
Melakukan kerja lapangan
-
Membuat tabulasi serta
analisa statistik.
-
Memberikan interpretasi
dari hasildlm hub sosial.
-
Memberikan generalisasi
serta deduksi.
-
Membuat laporan.
Metode eksperimen adalah observasi dibawah kondisi buatan
dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh si peneliti. Jadi penelitian
dilakukan dengan manipulasi terhadap obyek serta adanya kontrol.
Tujuan penelitian eksperimental adalah :
untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat dari
berapa besar hubungan sebab akibat.
Perbedaan deskriptif dengan eksperimental :
- ada kontrol - tak ada kontrol
- variabel obyek
apa adanya - si peneliti memanipulasi
- obyek expost
facto - obyek diatur
dahulu
Syarat percobaan yang baik :
-
harus bebas dari bias
-
harus punya ukuran
terhadap erorr.
-
Harus punya ketetapan.
-
Harus didefinisikan
sejelas-jelasnya.
-
Harus punya jangkauan
yang cukup
Penelitian adalah suatu proses mencari sesuatu secara
sistematik dalam waktu yang lama dengan menggunakan metode ilmiah erta
aturan-aturan yg berlaku.
Desain penelitian adalah proses yg diperlukan dalam
perencanaan dan penelitian.
Proses desain penelitian :
-
identifikasi dan
pemilihan masalah.
-
Pemilihan konseptual
untuk masalah serta hub.
-
Memformulasikan masalah
penelitian / spesifikasi
-
Membangun penyelidikan /
percobaan.
-
Memilih dan memberi
definisi pengukuran.
-
Memilih prosedur dan
tehnik sampling.
-
Menyusun alat serta
tehnik mengumpulkan data
-
Membuat coding
-
Menganalisa data.
-
Pelaporan hasil
penelitian.
Desain pelaksanaan penelitian oleh Suchman 1967 :
-
desain sampel
-
desain alat
-
desain administrasi
-
desai analisa
desain sampel : mendefinisikan populasi, menentukan besar
sampel, menentukan sampel yg representatif,
desain dari instrumen / alat : untuk mengiumpulkan data.
Desain analisa dikerjakan sblm mengumpulkan data.
Jenis desain ( SHAH 1972 ) :
- untuk penelitian yg ada kontrol.
- Untuk studi deskriptif dan analisis.
- Untuk studi lapangan atau bukan.
- Untuk studi dimensi waktu.
- Untuk evaluatif nonevaluatif.
- Menggunakan data primer atau sekunder.
Ad 1. desain percobaan / bukan percobaan.
Ad 2. studi untuk menemukan fakta.
Ad 3. untuk penelitian sejarah.
Ad
4. untuk satu interval waktu .
Ad 5. penentuan hasil.
Ad 6. memperoleh data yg relevan.
Tehnik pengumpulan data :
Ø Dokumentasi.
Ø Observasi.
Ø Interview.
Ø Home visit.
Ø Angket.
Dokumentasi : contoh
raport ,data pribadi.
Foto, chart, denah
Foto langsung
Observasi : datang mengamati langsung,cari data la’sung.
Interview : per ?an
langsung disampaikan pd responden.
Responden : individu yg dijadikan obyek.
Interview tak langsung ( guide ) : pertanyaan sdh
disiapkn
Home visit : tehnik pengumpulan data ttg tempat tinggal.
Angket : informasi yg dbutuhkn disusun dlm per?an urut.
Tehnik analisa data : deskriptif ( diuraikan )
komparatif ( dibandingkan sebelum dg sesudah )
analisa data : kualitatif : sedang , baik , baik sekali ,
kuantitatif : angka 6,7,8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar