A. PENDAHULUAN.
Metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi instruksional
berfungsi sebagai cara untuk menyajikan menguraikan memberi contoh ,dan memberi
latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak semua metode
pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran antara lain metode ceramah,
diskusi, tanya jawab, demonstrasi, penampilan, metode studi mandiri,
pembelajaran terprogram, latihan sesama teman, simulasi, karyawisata, induksi,
deduksi, studi kasus, pemecahan masalah, insiden, seminar, bermain peran,
proyek, praktikum dan lain-lain, masing-masing memiliki kelebihan dan
kekurangannya. Tentu saja hal ini harus mempertimbangkan kesesuaian dan
ketepatan dalam memilih sehingga dapat maksimal dalam proses pembelajaran serta
maperoleh hasil maksimal.
B. METODE METODE PEMBELAJARAN.
Metode
pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan menguraikan,memberi
contoh,dan memberi latihan isi pelajaran.
Metode-metode
pembelajaran yang ada dibahas dalam bab ini antara lain adalah :
No
|
METODE
|
KEMAMPUAN
YANG AKAN DICAPAI BERDASAR INDIKATOR
|
1
|
Ceramah
|
Menjelas
konsep/prinsip/prosedur
|
2
|
Demonstrasi
|
Menjelaskan
sesuatu ketrampilan berdasar standar prosedur
|
3
|
Tanya
jawab
|
Mendapatkan
umpan balik /partisipasi/menganalisis
|
4
|
Penampilan
|
Melakukan
suatu ketrampilan
|
5
|
Diskusi
|
Menganalisis
/memecahkan masalah
|
6
|
Studi
mandiri
|
Melakukan
hal yang bersifat kognitif maupun psikomotor
|
7
|
Kegiatan
pembelajaran terprogram
|
Menjelaskan
konsep /prinsip/prosedur
|
8
|
Latihan
bersama teman
|
Melakukan
sesuuatu ketrampilan
|
9
|
Simulasi
|
Menjelaskan
menerapkan menganalisis konsep atau prinsip
|
10
|
Pemecahan
masalah
|
Menjelaskan
menerapkan menganalisis konsep atau prinsip
|
11
|
Studi
kasus
|
Menganalisis
dan memecahkan masalah
|
12
|
Insiden
|
Menganalisis
dan memecahkan masalah
|
13
|
Praktikum
|
Melakukan
suatu ketrampilan
|
14
|
Proyek
|
Melakukan
sesuatu /menyusunkan laporan suatu kegiatan
|
15
|
Bermain
peran
|
Menerapkan
suatu konsep /prinsip/ prosedur
|
16
|
Seminar
|
Menganaliais
dan memecahkan masalah
|
17
|
Simposium
|
Menganalisis
masalah
|
18
|
Tutorial
|
Menjelaskan/menerapkan/menganaliais
konsep/prosedur
|
19
|
Deduksi
|
Menjelaskansuatu
konsep prinsip atau perilaku
|
20
|
Induksi
|
Mensitesis
suatu konsep,prinsip,atau perilaku
|
21
|
Computer
assisted learning
|
Menjelaskan/menerapkan/menganalisis/mensitesis/evaluasi
|
Suatu metode
pembelajaran akan tepat bila dengan cara atau jalan mempertimbangkan juga
antara lain siswa, alat, fasilitas, biaya ,dan waktu.
Dengan
penuh pertimbangan maka suatu tujuan yang ingin dicapai harus ditetapkan,
dianalisa, dijalankan, dimodifikasi agar denmgan segal daya dapat tercapai. Beberapa pertimbangan yang yang harus dilakukan
seorang pendidik dalam rangka memilih metode pembelajaran adalah :
· Tujuan pembelajaran.
· Pengetahuan awal siswa.
· Mata pelajaran / pokok bahasan/aspek.
· Alokasi waktu dan sarana penunjang
· Jumlah siswa.
· Pengalaman dan kewibawaan pengajar
C. ISI.
Dalam bab
ini dibahas bermacam-macam metode pembelajaran yang digunakan . tentu saja
metode yang ada di dalam bab ini tidak semua bisa digunakan di sekolah kami.
Karena metode yang digunakan di sekolah umum dan di sekolah luar biasa tentu
saja berbeda. Hal ini berkaitan erat dengan peserta didik yang tentu saja
kemampuan berada di bawah kemampuan anak normal. Dalam bab ini telah diuraikan
sebanyak dua puluh metode pembelajaran. Dengan segala kelebihan dan
kelemahannya. Artinya bahwa suatu metode pembelajaran bisa dikatakan pasti ada
kelebihan dan ada kekurangannya. Sebagai pendidik tentu saja harus menentukan
metode mana yang akan digunakan sehingga dapat meminimalkan kelemahannya.
D. EVALUASI.
Metode
pembelajaran yang digunakan dan diuraikan secara panjang lebar , agar bisa
menggunakannya tentu dengan pemilihan yang tepat dan dalam materi yang tepat.
Dalam artian untuk memilih suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan
apa yang akan disampaikan pada peserta didik sehingga akan sampai dengan tepat
pada peserta didik. Kata lain untuk hal ini dilakukan dengan akurat maka
program dan tujuan akhir suatu program dapat tercapai dengan maksimal .
E. EVALUASI DIRI.
Dari
penjelasan bermacam-macam metode pembelajaran di atas ada memang beberapa
metode yang paling sering dapat digunakan di sekolah antara lain :
Ø Ceramah
Ø Demonstrasi
Ø Tanya jawab.
Ø Dari tiga metode inilah yang paling banyak dan sering
digunakan seorang pendidik dalam hal ini kami melaksanakan tugas pembelajaran
di sekolah. Namun demikian tidak menutup kemungkinan metode yang lain juga
dapat digunakan di sekolah. Hanya tentu saja metode itu juga harus disesuaikan
dengan keadaan peserta didik yang mana adalah mengalami kekuranmgan kemampuan
F. IMPLEMENTASI.
Dengan
mempelajari dan mengetahui apa itu metode pembelajaran , apa tujuan , apa
harapan yang ingin dicapai. Akan dicapai tujuan yang diharapkan secara
maksimal. Bahwa metode digunakan dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu
dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran untuk peserta didik
G. ALASAN.
Dari
beberapa metode yang dapat digunakan di atas dalam praktek keseharian merupakan
metode yang paling sering digunakan dan praktis bisa dilaksanakan , mengenai
sasaran , mudah dan murah.
Adapun
metode yang belum tepat digunakan di sekolah kami cukup banyak . hal ini bisa
dikatakan karena metode tersebut cocok digunakan untuk anak normal dan juga
karena metode itu memerlukan persiapan atau kelengkapan yang memerlukan biaya
contohnya metode computer Assisted Learning. Dan juga mungkin suatu metode yang
digunakan hanya cocok untuk anak normal. Artinya bila digunakan untuk peserta
didik yang mengalami kekurangan IQ khususnya maka metode tersebut tidak cocok
atau tidak tepat. Sehingga tujuan yang akan dicapai bila menggunakan metode
tersebut tidak akan tercapai.
H. KESIMPULAN
Bahwa
pemilihan suatu metode dengan tepat maka akan memperoleh suatu keberhasilan
yang maksimal. Dalam arti bila metode itu digunakan dengan tepat cocok dengan
apa yang disampaikan maka akan menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Sekali
lagi bahwa tidak semua metode bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar