Selasa, 01 Desember 2015

Metode Pembelajaran

http://www.mediafire.com/view/s4pytlyzwfnbisn/KI_KD_SDLB_kls_1_20152016.docx

A.  PENDAHULUAN.

Metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi instruksional berfungsi sebagai cara untuk menyajikan menguraikan memberi contoh ,dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak semua metode pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, penampilan, metode studi mandiri, pembelajaran terprogram, latihan sesama teman, simulasi, karyawisata, induksi, deduksi, studi kasus, pemecahan masalah, insiden, seminar, bermain peran, proyek, praktikum dan lain-lain, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tentu saja hal ini harus mempertimbangkan kesesuaian dan ketepatan dalam memilih sehingga dapat maksimal dalam proses pembelajaran serta maperoleh hasil maksimal.

B.  METODE METODE PEMBELAJARAN.
Metode pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan menguraikan,memberi contoh,dan memberi latihan isi pelajaran.
Metode-metode pembelajaran yang ada dibahas dalam bab ini antara lain adalah :
No
METODE
KEMAMPUAN YANG AKAN DICAPAI BERDASAR INDIKATOR
1
Ceramah
Menjelas konsep/prinsip/prosedur
2
Demonstrasi
Menjelaskan sesuatu ketrampilan berdasar standar prosedur
3
Tanya jawab
Mendapatkan umpan balik /partisipasi/menganalisis
4
Penampilan
Melakukan suatu ketrampilan
5
Diskusi
Menganalisis /memecahkan masalah
6
Studi mandiri
Melakukan hal yang bersifat kognitif maupun psikomotor
7
Kegiatan pembelajaran terprogram
Menjelaskan konsep /prinsip/prosedur
8
Latihan bersama teman
Melakukan sesuuatu ketrampilan
9
Simulasi
Menjelaskan menerapkan menganalisis konsep atau prinsip
10
Pemecahan masalah
Menjelaskan menerapkan menganalisis konsep atau prinsip
11
Studi kasus
Menganalisis dan memecahkan masalah
12
Insiden
Menganalisis dan memecahkan masalah
13
Praktikum
Melakukan suatu ketrampilan
14
Proyek
Melakukan sesuatu /menyusunkan laporan suatu kegiatan
15
Bermain peran
Menerapkan suatu konsep /prinsip/ prosedur
16
Seminar
Menganaliais dan memecahkan masalah
17
Simposium
Menganalisis masalah
18
Tutorial
Menjelaskan/menerapkan/menganaliais konsep/prosedur
19
Deduksi
Menjelaskansuatu konsep prinsip atau perilaku
20
Induksi
Mensitesis suatu konsep,prinsip,atau perilaku
21
Computer assisted learning
Menjelaskan/menerapkan/menganalisis/mensitesis/evaluasi

Suatu metode pembelajaran akan tepat bila dengan cara atau jalan mempertimbangkan juga antara lain siswa, alat, fasilitas, biaya ,dan waktu.
Dengan penuh pertimbangan maka suatu tujuan yang ingin dicapai harus ditetapkan, dianalisa, dijalankan, dimodifikasi agar denmgan segal daya dapat tercapai. Beberapa  pertimbangan yang yang harus dilakukan seorang pendidik dalam rangka memilih metode pembelajaran adalah :
·  Tujuan pembelajaran.
·  Pengetahuan awal siswa.
·  Mata pelajaran / pokok bahasan/aspek.
·  Alokasi waktu dan sarana penunjang
·  Jumlah siswa.
·  Pengalaman dan kewibawaan pengajar

C.  ISI.
Dalam bab ini dibahas bermacam-macam metode pembelajaran yang digunakan . tentu saja metode yang ada di dalam bab ini tidak semua bisa digunakan di sekolah kami. Karena metode yang digunakan di sekolah umum dan di sekolah luar biasa tentu saja berbeda. Hal ini berkaitan erat dengan peserta didik yang tentu saja kemampuan berada di bawah kemampuan anak normal. Dalam bab ini telah diuraikan sebanyak dua puluh metode pembelajaran. Dengan segala kelebihan dan kelemahannya. Artinya bahwa suatu metode pembelajaran bisa dikatakan pasti ada kelebihan dan ada kekurangannya. Sebagai pendidik tentu saja harus menentukan metode mana yang akan digunakan sehingga dapat meminimalkan kelemahannya. 

D.  EVALUASI.

Metode pembelajaran yang digunakan dan diuraikan secara panjang lebar , agar bisa menggunakannya tentu dengan pemilihan yang tepat dan dalam materi yang tepat. Dalam artian untuk memilih suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan apa yang akan disampaikan pada peserta didik sehingga akan sampai dengan tepat pada peserta didik. Kata lain untuk hal ini dilakukan dengan akurat maka program dan tujuan akhir suatu program dapat tercapai dengan maksimal .

E.  EVALUASI DIRI.

Dari penjelasan bermacam-macam metode pembelajaran di atas ada memang beberapa metode yang paling sering dapat digunakan di sekolah antara lain :
Ø Ceramah
Ø Demonstrasi
Ø Tanya jawab.
Ø Dari tiga metode inilah yang paling banyak dan sering digunakan seorang pendidik dalam hal ini kami melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah. Namun demikian tidak menutup kemungkinan metode yang lain juga dapat digunakan di sekolah. Hanya tentu saja metode itu juga harus disesuaikan dengan keadaan peserta didik yang mana adalah mengalami kekuranmgan kemampuan



F.   IMPLEMENTASI.
Dengan mempelajari dan mengetahui apa itu metode pembelajaran , apa tujuan , apa harapan yang ingin dicapai. Akan dicapai tujuan yang diharapkan secara maksimal. Bahwa metode digunakan dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran untuk peserta didik
G.  ALASAN.
Dari beberapa metode yang dapat digunakan di atas dalam praktek keseharian merupakan metode yang paling sering digunakan dan praktis bisa dilaksanakan , mengenai sasaran , mudah dan murah.
Adapun metode yang belum tepat digunakan di sekolah kami cukup banyak . hal ini bisa dikatakan karena metode tersebut cocok digunakan untuk anak normal dan juga karena metode itu memerlukan persiapan atau kelengkapan yang memerlukan biaya contohnya metode computer Assisted Learning. Dan juga mungkin suatu metode yang digunakan hanya cocok untuk anak normal. Artinya bila digunakan untuk peserta didik yang mengalami kekurangan IQ khususnya maka metode tersebut tidak cocok atau tidak tepat. Sehingga tujuan yang akan dicapai bila menggunakan metode tersebut tidak akan tercapai.

H.  KESIMPULAN
Bahwa pemilihan suatu metode dengan tepat maka akan memperoleh suatu keberhasilan yang maksimal. Dalam arti bila metode itu digunakan dengan tepat cocok dengan apa yang disampaikan maka akan menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Sekali lagi bahwa tidak semua metode bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021