Rabu, 09 Maret 2016

Proposal PTK

Contoh.


BAB I
A.      Latar Belakang Belakang.
Kegiatan Belajar mengajar saat ini dirasa kurang menyenangkan bagi peserta didik sehingga  kurang berhasil membuat anak tertarik untuk meningkatkan hasil belajar karena kurangnya alat bantu. Dari hasil pengamatan bahwa peserta didik kurang begitu bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Sebagai seorang guru kelas  sekaligus pada saat ini harus dapat membaca jaman , dimana jaman yang senantiasa terjadi  perubahan berupa  kemajuan tehnologi dan informasi. perubahan dalam hal ini kemajuan yang terjadi berupa kemajuan yang pesat di segala bidang. Artinya perubahan itu harus diikuti dan sebagai seorang guru harus dapat mengikuti dan harus pula berusaha mengadakan perubahan-perubahan yang sesui dengan bidang dan tugasnya.
                Sebagai seorang guru tentu saja yang mengabdi di bidang pendidikan  harus berusaha pula untuk mengadakan perubahan. Dalam hal ini yang dapat dilakukan seorang guru adalah mengadakan perubahan yang ada di bidang penanganan atau pelayanan di bidang pendidikan.
                Bahwa dengan mengadakan atau merubah cara mengajar dari cara yang tradisional atau sederhana menjadi cara yang lebih maju atau cara yang mungkin lebih efektif. Efektif dalam hal ini adalah berhasil di dalam melaksanakan tugasnya yaitu dapat mengajar dan peserta didiknya merasa senang. Selanjutnya seorang peserta didik akan merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
                Mengubah cara melakukan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada guru menjadi kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa. Cara lain adalah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran di dalam melakukan kegiatan. Sehingga siswa akan aktif melakukan sesuatu. Anak akan merasa senang dan mudah menerima apa yang dilakukan.
                Menggunakan alat bantu berupa kartu huruf bergambar adalah juga salah satu upaya membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Siswa akan merasa senang. siswa akan aktif memilih ataupun menentukan gambar tertentu yang diminta guru. Siswa akan mengelompokkan kartu huruf dan gambar. Dengan alat bantu itu diharapkan pengenalan angka akan lebih baik dan berhasil.
                berdasarkan beberapa alas an di atas maka penulis akan mencoba mengadakan penelitian kelas :
PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
TENTANG BILANGAN SAMPAI 5 BAGI SISWA
KELAS PERSIAPAN TUNA RUNGU WICARA SEMESTER II SLB NEGERI KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
B.       Perumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka dapat penulis rumuskan masalah sebagai berikut :
Apakah melalui penggunaan alat bantu bilangan  bergambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang baik dan menyenangkan bagi peserta didik kelas persiapan tuna rungu wicara SLB Negeri Kendal tahun pelajaran 2009 / 2010 ?
C.       Pemecahan Masalah.
Selain dengan adanya perumusan masalah tersebut maka penulis dapat memberikan pemecahan masalah antara lain Penggunaan Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bilangan Sampai 5 Bagi Siswa Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
D.      Tujuan Penelitian.
Sejalan dengan perumusan masalah tersebut di atas maka tujuan penulis mengadakan penelitian tindakan kelas  adalah sebagai berikut :
Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar  membilang antara sebelum dengan sesudah :
“ Penggunaan Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bilangan Sampai 5 Bagi Siswa  Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010”?
E.       Manfaat Penelitian.
adapun manfaat dari penelitian tindakan kelas ini dapat penulis sampaikan antara lain sebagai berikut :
1.        Bagi Siswa.
a.        Dapat meningkatkan minat dalam belajar membilang.
b.        Dapat tertarik perhatiannya pada proses pembelajaran membilang.
c.        Dapat meningkatkan hasil belajar  membilang .
d.        Dapat tercipta kegiatan yang aktif bagi semua peserta didik.
2.        Bagi Guru.
a.        Dapat mengubah pendekatan dalam melaksanakan proses melaksanakan pembelajaran berpusat pada guru atau teacher center  menjadi siswa menjadi pusat belajar atau student center.
b.        Memiliki wawasan tentang kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran.
c.        Memiliki ketrampilan dalam menggunakan media atau alat bantu pembelajaran sehingga akan menyenangkan bagi peserta didik.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA.
A.      Landasan Teori.
1.        Pengertian Tentang Anak Tuna Rungu Wicara.
2.        Pembelajaran Berhitung.
3.        Kartu bilangan bergambar
B.       Kerangka Berfikir.
oPrses pembelajaran yang tradisional atau kuno yaitu menggunakan metode lama yang tidak membuat siswa aktif maka akan mengakibatkan pembelajaran kurang memperoleh hasil yang kurang memuaskan atau kurang maksimal. Dengan kata lain kurang menyenangkan, tidak menarik bagi peserta didik, tidak dapat memotivasi peserta didik.
Supaya dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan peningkatan maka harus mengubah pola pembelajaran. Dari metode lama menjadi yang dapat membuat siswa aktif , inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan ( PAIKEM ). Salah satu contoh melakukan pembelajaran supaya peserta didik aktif dan senang adalah mempegunakan alat bantu atau media kartu angka bergambar..
C.       Hipotesis Tindakan.
Dengan memperhatikan dan mempelajari dengan seksama maka :                                                                                         
1.        “ Penggunaan Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bilangan Sampai 5 Bagi Siswa  Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010”?
2.        Metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan Hasil Belajar Membilang Sampai 5 Bagi Siswa  Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
3.        Peranan “ Penggunaan Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bilangan Sampai 5 Bagi Siswa  Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010”.
4.        Proses pembelajaran membilang melalui “ Penggunaan Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bilangan Sampai 5 Bagi Siswa  Kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Semester II SLB Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2009 / 2010”
5.        Segera memanfaatkan media alat bantu agar menyenangkan bagi peserta didik.


  

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.      Setting Penelitian.
1.        Tempat penelitian.
Penelitian dilaksanakan bertempat di ruang kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara Sekolah Luar Biasa Negeri Kendal . Alamat jalan tamtama Nomor 146 B Weleri Kabupaten Kendal. Alasan penulis memilih hal ini karena saat ini penulis mengajar kelas Persiapan Tuna Rungu Wicara.
2.        Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan dalam kurun waktu empat bulan. dari bulan Pebruari sampai bulan Mei 2010.
B.       Subyek Penelitian.
Dalam penelitian ini penulis mengambil subyek peserta didik kelas persiapan tuna rungu wicara SLB Negeri Kendal yang berjumlah tujuh anak.
C.       Data dan Sumber data.
Sebagai awal untuk membuat perencanaan penelitian bahwa selama ini kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas persiapan terasa belum hidup dan menyenangkan. Hasil atau prestasi peserta didik kurang begitu memuaskan bagi guru.
Sumber data siswa berasal dari buku penilaian peserta didik kelas persiapan tuna rungu wicara, semester I.  
D.      Tehnik dan alat Pengumpul Data.
Tehnik pengumpulan data yang akan dipakai antara lain :
a.        Tehnik Tes.
b.        Tehnik Non Tesan
Alat Pengumpul Data
E.       Validitas Data.
Agar data yang dikumpulkan dari subyek penelitian dikatakan valid maka penulis perlu melakukan pemeriksaan terhadap validitas data. untuk mengetahui keaktifan peserta didik penulis menggunakan kuesioner dan atau grafik kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Untuk mengetahui ketertarikan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan lembar pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penulis berharap data itu akan valid untuk bisa digunakan dalam penilaian.
F.       Tehnik Analisa Data
Analisa data yang dilakukan penulis yaitu untuk mengolah ,meneliti ,melaporkan, dan membandingkan hasil penelitian  pengunaan kartu angka bergambar dalam pembelajaran membilang sampai 5
G.      Indikator Kinerja.
Indikator kinerja dalam keberhasilan penelitian adalah mengalami peningkatan atau perubahan di dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Peserta didik aktif ,senang, semangat dalam mengikutinya. Hari demi hari mengalami perubahan suasana yang ceria dan menyenangkan peserta didik.
H.      Prosedur Penelitian.
Dalam pelaksanaan penelitian penulis menggunakan tahapan-tahapan siklus , masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah :
a.        Perencanaan.
kegiatan perencanaan yang dilakukan penulis adalah mempersiapkan rencana program pembelajaran. Antara lain adalah berupa kartu angka , kartu gambar, kartu angka bergambar, lembar kerja, lembar pengamatan, lembar penilaian.
b.        Pelaksanaan.
Penulis sebagai seorang guru masuk ke kelas kemudian melakukan beberapa langkah :
Mengadakan pembukaan kegiatan pembelajaran dengan melakukan kegiatan
c.        Observasi.
mengadakan observasi terhadap hasil kegiatan ini untuk digunakan sebagai tindak lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA LKSN 2021